Masih Tanpa Asnawi Mangkualam, Ansan Greeners Belum Bisa Bangkit

BACA JUGA

Banner Baru Gamespool

Football5star.com Indonesia – Ansan Greeners, yang masih tanpa Asnawi Mangkualam, belum bisa bangkit dari rentetan hasil minor. Pada pekan ke-17 K league 2, Sabtu (19/6), Ansan cuma bisa bermain imbang tanpa gol di kandang Daejeon Hana Ciizen.

- Advertisement -

Sejak terakhir kali tampil pada laga melawan Seoul E-Land (2/5), Asnawi Mangkualam memang terpaksa absen lama. Dia harus membela timnas Indonesia bermain pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 di Dubai, Uni Emirat Arab.

Asnawi Mangkualam Timnas Indonesia - pssi
PSSI.org

Sejak saat itu, Ansan Greeners sudah tampil 7 pertandingan tanpa diperkuat Asnawi. Hasilnya, cuma sekali anak asuh pelatih Kim Gil-sik itu menang, yakni dengan skor 3-2 ketika menjamu FC Anyang pada 10 Mei.

- Advertisement -

Setelahnya, Ansan Greeners terus mengalami periode negatif tanpa Asnawi Mangkualam. Enam pertandingan berikutnya dilalui tanpa raihan kemenangan. Mereka menderita tiga kekalahan dan tiga kali imbang, termasuk tanpa gol di kandang Daejeon Hana Citizen.

Meski begitu, Kim Gil-sik ternyata cukup puas. Pasalnya, Ansan Greeners bisa menghindari tiga kekalahan beruntun melalui hasil imbang di kandang Daejeon Hana Citizen.

- Advertisement -

“Dalam cuaca yang panas, para pemain pantang menyerang selama 90 menit dan bisa mengamankan satu poin berharga,” bilang Kim Gil-sik, dikutip Football5star.com dari media Korea Selatan.

Dampak Positif dan Negatif Sejak Bersama Asnawi Mangkualam

Kim Gil-sik menyadari ada perubahan positif serta negatif dalam skuatnya sejak kedatangan Asnawi Mangkualam pada musim ini. Dalam hal serangan, Ansan Greeners sudah lebih produktif ketimbang musim lalu. Namun tidak dengan pertahanan, yang disebut justru memburuk.

“Musim lalu, organisasi pertahanan cukup baik, tapi tak banyak mencetak gol. Dalam hal bertahan, masih banyak keteledoran. Pada musim lalu kami tak pernah kebobolan tiga gol dalam dua laga beruntun, tapi lihat dua laga terakhir kami (kalah 0-3 dari Gimcheon Sangmu dan 2-3 dari Busan I Park),” urai Kim Gil-sik.

Daejeon Hana Citizen vs Ansan Greeners, Asnawi Mangkualam 1 - KLeague
K League

Lemahnya pertahanan Ansan Greeners memang tak terlalu dipegaruhi dengan ketiadaan Asnawi Mangkualam. Pasalnya, Kim Gil-sik beberapa waktu lalu juga sempat menyebut bahwa Asnawi pun masih belum optimal ketika membantu pertahanan.

Meski begitu, performa Asnawi ketika membantu serangan cukup sering menuai pujian. Tak heran pemain asal Makassar itu acap dipasang sebagai penyerang sayap kanan oleh Kim Gil-sik ketimbang sebagai bek kanan.

Pada laga berikutnya melawan Chungnam Asan, Asnawi Mangkualam diperkirakan masih belum bisa bermain. Meski sudah kembali ke Korea Selatan sejak 12 Juni, dia masih harus menjalani karantina mandiri selama dua pekan.

Kemungkinan, Asnawi baru bisa kembali ke skuat ketika Ansan Greeners menjamu Bicheon FC 1995 pada 27 Juni mendatang. “Asnawi sudah kembali pada tanggal 12 tapi langsung karantina mandiri. Saya rasa akan banyak membantu ketika Asnawi sudah kembali ke tim,” bilang Kim Gil-sik.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img