Michael Weiss: Ini Belumlah yang Terbaik dari Laos!

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5Star.com, Indonesia – Torehan sejarah dibuat Michael Weiss bersama timnas U-19 Laos pada semifinal Piala AFF U-19 2022, Rabu (13/7/2022). Kemenangan 2-0 atas timnas U-19 Thailand mengantar tim yang selama ini dianggap sebelah mata itu untuk kali pertama lolos ke final ajang ini.

Sebelumnya, Laos pernah 4 kali lolos ke semifinal Piala AFF U-19. Namun, langkah mereka selalu kandas. Prestasi terbaik mereka pun hanyalah posisi ketiga pada 2002, 2005, dan 2015. Sekadar catatan tambahan, kemenangan atas Thailand juga adalah yang pertama bagi mereka pada gelaran Piala AFF U-19.

Timnas U-19 Laos di bawah asuhan Michael Weiss mencetak sejarah dengan lolos ke final Piala AFF U-19 2022.
Facebook Changsuek
- Advertisement -

Fakta itu membuat Weiss senang. Namun, ada hal lain yang membuat dia lebih bahagia. Itu terkait misinya membangkitkan sepak bola Laos dengan mengubah paradigma dan filosofi permainan. Dia kian optimistis dan yakin ini bukanlah persembahan terbaik, melainkan hanya kesuksesan awal.

“Ini sungguh indah. Sejak saya tiba di sini pada 6 bulan lalu, kami coba melakukan sesuatu. Hal yang terbaik belumlah tiba. Kami tidak bermain sangat bagus dalam kebanyakan pertandingan. Namun, kami solid dan punya struktur. Dengan permainan semacam ini, kami bisa memenangi laga,” urai Michael Weiss seperti dikutip Football5Star.com dari laman resmi AFF.

Michael Weiss Pimpin Pesta di Ruang Ganti

Michael Weiss senang kerjanya di Laos mulai memperlihatkan hasil baik.
Facebook Changsuek
- Advertisement -

Sosok Michael Weiss memang tak semenonjol Park Hang-seo, Alexandre Polking, Kim Pan-gon, apalagi Shin Tae-yong. Maklum, dia hanya menangani Laos. Sebelumnya, dia pun hanya menangani negara-negara tanpa kultur sepak bola kuat macam Filipina dan Mongolia.

Sejak awal dipercaya Asosiasi Sepak Bola Laos (LaoFF) menangani 3 tim sekaligus, Weiss tahu persis misi yang diembannya. Dia tak mau muluk-muluk menyulap Laos jadi tim juara. Fokusnya adalah mengubah paradigma permainan. Dia meminta timnya percaya diri dan harus menghibur. Kini, hasilnya mulai terlihat jelas.

- Advertisement -

Weiss pun ikut larut dalam kegembiraan saat timnas U-19 Laos mencetak sejarah lolos ke final Piala AFF U-19 2022. Di ruang ganti, dia memimpin pesta kemenangan. Dia ikut bernyanyi-nyanyi sambil melompat-lompat. Bahkan, pelatih asal Jerman itu sampai melepas kaus yang dikenakannya.

Menangani 3 tim sekaligus, Michael Weiss saat ini punya rekor sempurna di timnas senior dan timnas U-19. Bersamanya, timnas Laos memetik 2 kemenangan, sementara timnas U-19 meraih 4 kemenangan. Adapun di timnas U-23, rekornya tak bagus. Dia hanya meraih 2 kemenangan, 2 kali imbang, dan 4 kali kalah.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img