Misteri Patch Bendera pada Jersi Timnas Cile Saat Lawan Bolivia

BACA JUGA

Banner Gamespol Baru

Football5Star.com, Indonesia – Ada sesuatu yang berbeda saat timnas Cile saat menghadapi Bolivia pada lanjutan Copa America 2021, Sabtu (19/6/2021). Hal berbeda itu terdapat pada jersi timnas Cile yang dikenakan Arturo Vidal cs. Pada bagian dada sebelah kanan tertempel patch bendera Cile. Demikian pula pada bagian bawah nomor pada celana.

Bila dibandingkan dengan laga sebelumnya, yakni melawan Argentina, patch bendera itu tak ada pada jersi timnas Cile. Seperti biasanya, pada bagian dada sebelah kanan dan bawah nomor pada celana terdapat logo sponsor, dalam hal ini Nike yang dalam beberapa tahun terakhir jadi sponsor apparel La Roja.

- Advertisement -

Lalu, mengapa logo Nike digantikan bendera Cile? Sudah dapat diterka, itu karena ada sengketa kontrak di antara kedua belah pihak. Nike dikabarkan telah memutus kontrak dengan La Roja. Dalihnya, tim asuhan Martin Lasarte tak memenuhi kuota laga per musim yang tertera dalam kontrak kerja sama.

Sebaliknya, pihak Asosiasi Sepak Bola Cile (FFC) mengklaim Nike punya tunggakan. Seperti dilaporkan Cuentame Mas, perusahaan apparel yang berbasis di Amerika Serikat itu tak membayarkan kewajiban sebesar 4,2 miliar peso Cile. Itu adalah jumlah yang seharusnya diterima FFC untuk periode Juli 2019 hingga Juli 2020.

Jersi Timnas Cile Disuplai Nike Sejak 2015

- Advertisement -

Mengenai kegagalan timnas Cile memenuhi kuota pertandingan yang harus dijalani, pihak FFC merasa heran. Pasalnya, ada situasi force majeure, yakni pandemi COVID-19. Gara-gara pandemi yang belum juga berhenti tersebut, sejumlah pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan persahabatan pada 2020 harus dibatalkan.

Sengketa kontrak ini sepertinya akan berlanjut dan harus diselesaikan di pengadilan. Sebagai langkah antisipasi, timnas Cile menutup logo Nike pada jersi timnas Cile dengan bendera Cile sejak pertandingan lawan Bolivia. Pasalnya, bila tak ditutup, mereka potensial menerima tuntutan baru dari Nike.

Jersi timnas Cile saat juara Copa America 2015 masih disuplai oleh Puma.
nytimes.com
- Advertisement -

Timnas Cile sudah cukup lama memakai appareal buatan Nike. Kerja sama kedua belah pihak berlangsung sejak 2015. FFC menerima 7 juta dolar AS per tahun dari kesepakatan tersebut. Seharusnya, kontrak kedua belah pihak berjalan hingga Kualifikasi Piala Dunia 2022 berakhir. Namun, sengketa kita mengakhiri kerja sama itu lebih awal.

Sebelumnya, sejak 2010, timnas Cile bekerja sama dengan perusahaan apparel asal Jerman, Puma. Kerja sama itu bernilai 2,3 juta dolar AS per tahun. Namun, pada 2015, tak tercapai kesepakatan perpanjangan kontrak. Terutama oleh kedatangan Nike dengan tawaran yang jauh lebih tinggi.

[better-ads type=’banner’ banner=’156437′ ]

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img