Nostalgia Hari Ini: Mundurnya Persebaya Surabaya dari Laga Lawan Persija Jakarta

BACA JUGA

Banner Baru Gamespool

Football5Star.com, Indonesia – 21 September 2005, terjadi salah satu peristiwa paling disorot dalam pertemuan Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya. Sebab saat itu, Persebaya memilih mundur dari pertandingan dan dinyatakan kalah walk-out (WO).

- Advertisement -

Sebenarnya, pertandingan yang dijadwalkan Rabu (21/9/2005) sore, itu sangat menentukan. Bajul Ijo yang saat itu menempati urutan buncit babak delapan besar Grup Barat. Kala itu, masih ada dua tim yang berpeluang melaju, yakni PSIS Semarang, dan Persija.

Sebelum laga, Macan Kemayoran cuma berselisih satu angka saja dari PSIS Semarang. Tim yang saat itu dibesut Arcan Iurie punya poin empat, sedang PSIS tiga. Nah, laga terakhir yang digelar 21 September jadi penentuan.

Nostalgia Hari Ini: Mundurnya Persebaya Surabaya dari Laga Lawan Persija Jakarta
Dok. Bolacom

Skuat ibu kota saat itu lawan tim Kota Pahlawan pada sore hari, sedang PSIS Semarang kontra PSM Makassar, malamnya. Ternyata, sebelum laga Bajul Ijo memutuskan untuk mundur melawan Macan Kemayoran. Alhasil, laga PSM vs PSIS tak memiliki pengaruh besar. Macan Kemayoran tetap ke final, sedang PSIS yang menang 2-0 atas PSM ke perebutan tempat ketiga.

Penyebab Persebaya Surabaya Mundur

Saat itu, Bajul Ijo memilih untuk mundur karena persoalan suporter. Pendukung setianya, Bonek, berdatangan ke Jakarta. Kondisi itu memicu gesekan dengan suporter lawan. Ada beberapa kericuhan antarsuporter di Jakarta sebelum laga.

Nostalgia Hari Ini: Mundurnya Persebaya Surabaya dari Laga Lawan Persija Jakarta
Dok. Liputan6

Hingga akhirnya Ketum Persebaya sekaligus Wali Kota Surabaya, Bambang DH, ambil tindakan. Dia mengumumkan pengunduan diri timnya. Alasannya ialah tak ada jaminan buat Bonek untuk bisa aman selama berada di stadion.

“Keselamatan suporter menjadi prioritas. Mereka tidak mendapatkan perlindungan yang layak,” ujar Bambang dikutip dari Bolacom.

Mundurnya Bajul Ijo pun turut disesali oleh pihak Macan Kemayoran. Manajer Persija kala itu, IGK Manila, menyesalkan keputusan dari sang lawan.

Nostalgia Hari Ini: Mundurnya Persebaya Surabaya dari Laga Lawan Persija Jakarta
Emosijwaku

“Kami kecewa Persebaya tidak datang. Padahal kami sudah mempesiapkan semuanya. Kami sangat serius untuk babak 8 besar ini. Mereka seharusnya jangan asal memutuskan tidak main. Kan kasihan pendukung dan pemain yang sudah datang,” kata Manila dikutip dari Detik.

Kondisi itu akhirnya membuat PSSI bersikap tegas. Komdis PSSI pun menjatuhkan sanksi berupa larangan ikuti kompetisi liga nonamatir di lingkungan PSSI selama dua tahun berturut-turut. Mereka jua didenda Rp25 juta. Manajemen klub kemudian banding dan diterima. Hukuman mereka pun dikurangi jadi 16 bulan dan degradasi ke Divisi Satu.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img