Nostalgia Hari Ini: Alexi Lalas Jadi Pemain Amerika Pertama di Serie A

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5star.com, Indonesia – Serie A merupakan magnet bagi pesepak bola seluruh dunia. Para pemain dari semua negara belomba-lomba untuk mentas di sana.

- Advertisement -

Salah satunya Amerika Serikat. kendati bukan negara sepak bola, negeri Paman Sam telah melahirkan banyak pesepak bola hebat.

Saat ini ada Christian Pulisic, Giovanni Reyna, hingga Weston McKennie yang memperkuat raksasa Italia, Juventus. Berbicara soal pemain Amerika di Serie A, McKennie jelas bukan yang pertama.

Juventus vs Atalanta Liga Italia Serie A Weston McKennie - @juventusfc
@juventusfc

Sejauh ini Michael Bradley jadi kontingen Paman Sam yang tampil luar biasa. Dia memperkuat dua klub Serie A, AS Roma dan Chievo. Tiga musim di Liga Italia sang gelandang tampil 76 kali.

Akan tetapi Michael Bradley juga bukan orang pertama. Dalam sejarahnya, tidak banyak memang pemain Amerika yang berada di Serie A.

Sejauh ini hanya ada empat pemain yang bermukim di sana. Selain dua nama yang disebutkan di atas, ada pula Bryan Reynolds yang kini berseragam AS Roma dan legenda sekaliber Alexi Lalas.

Alexi Lalas lah yang menjadi Amerika Serikat pertama di Serie A. Dia datang pertama kali tepat pada hari ini 27 tahun silam.

Tak Pernah Main di Klub Profesional Sebelumnya

Lalas dikontrak Padova musim panas 1994 dan menjadikannya pemain Amerika pertama di kasta tertinggi sepak bola Italia. Padova punya alasan kuat menggaet pemain nyentrik itu.

Ia tampil luar biasa untuk Rutgers University dan membawa timnya menembus NCAA Championship Game dua tahun beruntun. Pada 1991 namanya dinobatkan sebagai First Team All American dan meraih penghargaan Hermann Torphy dan Missouri Athletic Club Player of the Year.

Kendati demikian Alexi Lalas tak kunjung bermain untuk klub profesional usai lulus universitas. Namun, namanya tetap jadi langganan timnas Amerika Serikat.

alexi lalas 1

Puncak popularitas Lalas terjadi di Piala Dunia 1994. Berlangsung di negaranya sendiri sang bek tampil lugas.

Sayang, Amerika tak mampu berbicara banyak di rumah sendiri. Mereka langsung tersingkir di fase knockout. Namun, Lalas bersinar lewat permainannya.

Ia kemudian dipinang Padova yang baru saja promosi ke Serie A. Dua musim di sana bek tangguh itu tampil 49 kali.

Kendati gagal membawa Padova bersaing di papan tengah Serie A, Alexi Lalas jadi fenomena di sana. Sebagai pemain Amerika Serikat pertama dia membuktikan diri mampu bersaing di kompetisi yang kala itu disebut-sebut yang terbaik dunia.

- Advertisement -

You Might also like

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img