Nostalgia Hari Ini: Awal Cerita Manis Sir Alex di Manchester United

BACA JUGA

gamespool
Nostalgia Hari Ini: Awal Cerita Manis Sir Alex di Manchester United 4

Football5star.com, Indonesia – 4 November 1986, Manchester United alami kekalahan memalukan 1-4 dari Southampton di ajang Piala Liga. Hasil ini membuat manajemen United begitu murka. Kursi pelatih Ron Atkinson semakin tak aman. Sebelumnya, rumor menyebutkan Ron Atkinson bakal diganti dan muncul dua nama sebagai kandidat yakni Terry Venables yang saat itu melatih Barcelona dan Alex Ferguson, pelatih Aberdeen.

Jika dibandingkan dua kandidat tersebut, nama Venables tentu lebih mentereng dibanding Alex Ferguson. Namun nyatanya manajemen klub lebih ingin datangkan Alex Ferguson sebagai pengganti Atkinson. 5 November 1986, manajemen klub bertemu dengan Alex Ferguson di Bishopbriggs. Kedua pihak pada akhirnya menjalin kesepakatan verbal.

Awal Cerita Manis Sir Alex di Mancheter United
- Advertisement -

6 November 1986, Alex Ferguson pun resmi diangkat menggantikan Ron Atkinson. Kabar pengangkatan Ferguson sebagai pelatih baru United tak lama setelah pengumuman resmi pemecatan Atkinson. 8 tahun bekerja di Old Trafford, Atkinson mengaku sangat sedih harus angkat koper.

Keputusan manajemen untuk mengangkat Ferguson didasari track record pelatih kelahiran 31 Desember 1941 selama membesut Aberdeen. Tim asal Skotlandia itu berhasil dibawa Ferguson torehkan prestasi manis dan menjelma dari tim gurem menjadi tim yang disegani di Eropa.

- Advertisement -

Melatih Aberdeen sejak 1978, Ferguson sukses mempersembahkan 11 gelar termasuk 1 gelar Piala Winners 1982-83 dan Piala Super Eropa 1983. Capaian Ferguson di Piala Winners 1982-83 memang memukau. Di laga final, anak asuh Ferguson menumbangkan tim kuat Spanyol, Real Madrid.

Hanya bermaterikan pemain kelas dua dan tanpa pemain asing, Ferguson mampu membuat legenda Alfredo Di Stefano, pelatih Real Madrid kala itu tak berkutik. Capaian ini yang meyakinkan manajemen untuk menunjuk Ferguson dibanding kandidat lainnya, Terry Venables.

Revolusi ala Sir Alex Ferguson

- Advertisement -

Setelah resmi diangkat menjadi pelatih, Ferguson yang dikemudian hari mendapat gelar ‘Sir’ tersebut langsung melakukan banyak perubahan. Salah satu langkah revolusioner yang dilakukan Ferguson adalah melarang para pemain United menenggak alkohol.

Dikutip Football5star.com dari bbc, Jumat (6/11/2020) Ferguson menganggap salah satu masalah krusial United pada saat itu ialah kebiasaan pemain minum alkohol. Selama era Ron Atkinson, pemain United memang dibebaskan untuk bisa minum alkohol. Tak jarang hal ini membuat para pemain kehilangan kemampuan terbaiknya saat bertanding.

Aturan Ferguson soal alkohol ini langsung berdampak kepada para pemain United. Dua nama pemain United yang doyan mabuk, Norman Whiteshide dan Paul McGrath memutuskan untuk hengkang dari Old Trafford karena aturan ini.

Awal Cerita Manis Sir Alex di Mancheter United2

Selain soal alkohol, Ferguson pun menerapkan aturan ketat soal displin pemain untuk datang ke tempat latihan. Tak hanya menerapkan aturan keras, Ferguson pun memberi contoh dengan datang lebih awal dan pulang paling akhir di tempat latihan.

Pemain-pemain United yang merasa nyaman dengan aturan lunak di era Atkinson pun mau tak mau harus mulai mengubah kebiasaannya. Ferguson pun dikenal sebagai pelatih yang menganggap bahwa pemain tak lebih besar dibanding klub. Ia pun berani memberi hukuman dan kritik kepada pemain yang bermain buruk, meski si pemain berstatus bintang.

Meski menerapkan aturan baru yang positif, hal tersebut tak lantas membuat Ferguson mendapat dukungan penuh dari pemain. Nyatanya, Ferguson cukup sulit meraih hasil bagus di tahun awal kepelatihannya. Bahkan ia sempat diterpa rumor pemecatan pasca kekalahan memalukan 1-5 dari Manchester City.

Untungnya manajemen United masih sangat percaya dengan tangan dingin Ferguson. Gelar pertama Ferguson untuk Red Devils baru ia persembahkan 3 tahun setelah melatih yakni gelar Piala FA 1989-90. Usai gelar ini, Ferguson pun langsung jadi legenda di Old Trafford.

Pada 8 Mei 2013, Sir Alex Ferguson memilih pensiun setelah 26,5 tahun menjadi pelatih Manchester United. Ferguson mempersembahkan gelar Premier League 2012-2013 sebagai penutup kariernya.

https://youtu.be/czzqekmhL0I
- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img