Nostalgia Hari Ini: Bambang Pamungkas Pulangkan Thailand ke Negaranya

BACA JUGA

Nostalgia Hari Ini: Bambang Pamungkas Pulangkan Thailand ke Negaranya 4

Football5Star.com, Indonesia – 7 Desember terbilang menjadi salah satu hari terpenting Bambang Pamungkas bersama Timnas Indonesia. Sebab pada tanggal tersebut, 2010 silam, dia menjadi pahlawan Indonesia yang membuat Thailand sampai angkat kaki dari Piala AFF.

Dalam turnamen tersebut, Bambang Pamungkas sebenarnya tak terlalu diandalkan oleh pelatih Alfred Riedl. Sang nahkoda lebih mengutamakan pemain naturalisasi, Cristian Gonzales yang kala itu memang bersinar. Meski, Bepe pun diberi kesempatan beberapa kali main sebagai pengganti.

- Advertisement -

Ketika diberi kesempatan, Bambang seakan ingin membuktikan dirinya, puncaknya saat Timnas Indonesia lawan Thailand di laga pamungkas Grup A. Dalam laga di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Bambang Pamungkas sebenarnya masuk sebagai pengganti menit ke-83.

Saat itu Timnas Indonesia dalam keadaan tertinggal setelah Suree Sukha mencetak gol menit ke-68. Namun, baru semenit laga di lapangan, Bepe langsung mencetak gol.

Nostalgia Hari Ini: Bambang Pamungkas Pulangkan Thailand ke Negaranya
reuters/Supri

Gol berawal dari aksi Eka Ramdani yang mengirim umpan panjang dan diterima oleh Cristian Gonzales. Nyaris menciptakan peluang, Gonzales justru disikat oleh Panupong Wongsa di kotak terlarang. Bambang Pamungkas yang menjadi algojo sukses menjalankan tugasnya.

- Advertisement -

Bahkan, Bepe malah bikin Timnas Indonesia berbalik unggul tepat menit 90+1. Lagi-lagi Panupong Wongsa jadi pesakitan di Thailand. Setelah melanggar Gonzales, dia kali ini tertangkap tangan menyentuh bola dengan tangannya di kotak penalti.

Nostalgia Hari Ini: Bambang Pamungkas Pulangkan Thailand ke Negaranya
AFF

Bambang Pamungkas lagi-lagi dipercaya sebagai eksekutor dan kembali sukses menjalankan tugasnya dengan baik. Gol itu sekaligus mengakhiri pertandingan dan membawa Indonesia menang.

Kemenangan yang Terasa Spesial

Timnas Indonesia memang cuma menang 2-1 atas Thailand. Namun, dua gol dari Bepe itu seakan melengkapi hancur-leburnya Timnas Thailand di Piala AFF 2010.

Dikomandoi Bryan Robson, Thailand memang tampil begitu buruk dalam Grup A. Mereka hanya mampu bermain dua kali imbang dan sekali kalah tanpa pernah merasakan kemenangan di Piala AFF saat itu.

Mereka menjalani turnamen juga dengan buruk setelah ditahan imbang 2-2 oleh Laos. Lalu, Malaysia pun sukses menahan mereka tanpa gol di laga kedua. Hingga Indonesia membuat mereka pulang kampung ke negaranya dengan tanpa merasakan indahnya satu kemenangan pun.

[better-ads type=’banner’ banner=’156417′ ]

- Advertisement -
- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img