Nostalgia Hari Ini: Barcelona Bikin Klub Skotlandia Pecahkan Rekor

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5star.com, Indonesia – Nama besar sebuah klub bisa jadi daya tarik tersendiri untuk penonton. Salah satunya Barcelona yang kini jadi salah satu klub dengan basis penggemar terbanyak di dunia.

- Advertisement -

Sebagai klub sukses, banyak pihak yang ingin melakukan uji tanding dengan mereka. baik itu dari pihak klub maupun sponsor yang menggelar turnamen pramusim.

Amerika Serikat jadi destinasi favorit klub-klub top dunia. Begitu pula Barcelona yang tiap tahun menyeberang benua untuk mengikuti International Champions Cup (ICC).

thierry henry barcelona Kenny Ramsay
kennyramsay.photoshelter.com

Amerika Serikat bukan satu-satunya tujuan El Barca selama pramusim. Tak jarang mereka pergi ke negara lain untuk mengasah kemampuan.

Cara ini memang diperlukan. Pelatih butuh pertandingan sebelum kompetisi dimulai guna melihat sejauh mana pemain mengerti sistem permainannya. Selain itu, laga pramusim ke luar negeri juga digunakan untuk menggaet fan di sana.

Ini pula yang dilakukan Barcelona. Sebelum musim 2007-2008 dimulai mereka terbang ke Skotlandia untuk bersua klub lokal di sana, Hearts.

Pertandingan itu terjadi tepat hari ini 14 tahun silam. Kedatangan mereka pun memunculkan animo besar dari penonton.

Laga Terpaksa Pindah karena Membludaknya Fan

Tidak hanya penggemar Hearts yang datang. Orang-orang dari Edinburgh juga memadati stadion untuk melihat Ronaldinho dkk bermain.

BBC melaporkan banyak dari mereka yang tidak mengerti sepak bola. Tapi sengaja datang hanya untuk melihat Barcelona, klub yang selama ini hanya bisa disaksikan di televisi, bertanding di depan mata.

Celaka bagi Hearts. Kandangnya, Tynecastle, tak mampu menampung suporter. Stadion tersebut hanya berkapasitas 18 ribu penonton.

Alhasil laga dipindahkan ke stadion Murrayfield yang masih terletak di kota Edinburgh. Murrayfield merupakan stadion terbesar di Skotlandia dengan kapasitas 67 ribu penonton.

ronaldinho reuters
reuters

Pada laga Hearts vs Barcelona, sebanyak 57.857 kursi terisi. Ya, hampir penuh. Padahal ini hanya pramusim.

Nama besar Barcelona pun membuat Hearts memecahkan rekor dalam jumlah penonton di stadion. Catatan ini memecahkan rekor pada 1932 silam saat stadion Tynecastle masih menampung 53 ribu penonton.

Animo luar biasa penonton dan keputusan penyelenggara memindahkan laga ke stadion yang lebih besar tepat. Kendati hanya pramusim, fan disajikan pertandingan menarik dari kedua klub.

Apalagi keinginan untuk melihat aksi magis Ronaldinho terjawab. Sang legenda mencetak dua gol hari itu.

Satu gol Barcelona lainnya dibuat Giovanni dos Santos. Sementara Hearts hanya bisa mencetak satu gol hiburan melalui tendangan bebas Laryea Kingston.

- Advertisement -

You Might also like

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img