Nostalgia Hari Ini: Bekap Thailand, Timnas U-16 Indonesia Juara Piala AFF

BACA JUGA

Football5Star.com, Indonesia – Hari ini, tiga tahun yang lalu boleh dibilang menjadi hari bersejarah bagi timnas U-16 Indonesia di Piala AFF. Sebab, 8 Agustus 2018 untuk kali pertama mereka menjadi kampiun dalam turnamen antarnegara di Asia Tenggara tersebut.

Torehan manis diberikan oleh pasukan Garuda Muda. Tim polesan pelatih Fakhri Husaini tersebut mempersembahkan gelar juara piala AFF U-16 2018 dengan menumbangkan Thailand lewat drama adu penalti pada laga yang berlangsung di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (11/8).

- Advertisement -

Dalam pertandingan ini, Indonesia bisa mencuri gol terlebih dahulu lewat sepakan Muhammad Fajar Fathur Rachman pada menit ke-33. Indonesia menguasai jalannya pertandingan sepanjang babak pertama.

Sayangnya, pada paruh kedua Thailand berhasil menyamakan kedudukan lewat gol Apidet Janngam menit ke-72. Laga berjalan ketat hingga akhirnya tak ada gol yang tercipta dalam waktu normal.

- Advertisement -

Pertandingan pun dilanjutkan via adu penalti Empat penendang penalti Indonesia, Sutan Zico, Amiruddin Bagus, Rendy Juliansyah, dan David Maulana berhasil menyarangkan bola ke gawang lawan. Sementara Thailand hanya mampu menyarangkan tiga bola, dua lainnya dapat ditepis oleh kiper Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi.

Fakhri Husaini pun kala itu tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya. Dia tak henti-hentinya mengucapkan syukur atas keberhasilan Bagus Kahfi cs menjadi kampiun dalam turnamen tersebut.

Nostalgia Hari Ini: Bekap Thailand, Timnas U-16 Indonesia Juara Piala AFF
- Advertisement -

“Syukur Alhamdulillah, kemenangan ini atas izin Allah SWT. Saya bangga kepada semua pemain. Bukan hanya penendang penalti atau kiper saja. Semua ikut andil dalam kemenangan ini. Ini karena persiapan latihan kami yang berlatih tendangan penalti. Sehingga itu menjadi salah satu bekal menang,” ungkap Fakhri Husaini dalam laman resmi PSSI.

Timnas U-16 Indonesia Susul Seniornya

Nostalgia Hari Ini: Bekap Thailand, Timnas U-16 Indonesia Juara Piala AFF

Keberhasilan timnas U-16 Indonesia itu seakan melengkapi gelar yang sebelumnya diraih seniornya, timnas U-19 Indonesia. Pada 2013 lalu, timnas U-19 juga berhasil mempersembahkan gelar serupa pada angkatan Evan Dimas dan rekan-rekan.

Istimewanya, perjalanan kedua tim itu mirip-mirip, yakni sama-sama menjadi juara usai menang adu penalti. Namun bila timnas U-16 kalahkan Thailand di final, timnas U-19 kala itu menundukkan Vietnam pada partai puncak. Kedua pertandingan tersebut juga digelar di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo.

Sayangnya, kesuksesan Indonesia pada level timnas junior tak mampu diikuti di level senior. Sampai saat ini, timnas senior belum pernah sekalipun merasakan indahnya menikmati gelar juara Piala AFF.

Paling banter, timnas senior Indonesia cuma mampu meraih empat kali runner-up, yakni 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016. Pada edisi 2018, malah lebih parah. Skuat Garuda cuma mampu finis di urutan keempat Grup B saat melawan Thailand, Filipina, Singapura, dan Timor Leste. Mereka kala itu cuma mampu merebut empat poin, hasil menang atas Timor Leste dan imbang kontra Filipina. Sedang, saat hadapi Singapura dan Thailand mereka harus takluk.

[better-ads type=’banner’ banner=’156417′ ]

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img