Nostalgia Hari Ini: Brasil Pertahankan Gelar Piala Dunia Tanpa Pele

BACA JUGA

gamespool
Nostalgia Hari Ini: Brasil Pertahankan Gelar Piala Dunia Tanpa Pele 4

Football5Star.com, Indonesia – Tepat hari ini, 17 Juni, 59 tahun yang lalu, Brasil berhasil menjadi juara Piala Dunia untuk kedua kalinya. Dan mereka melakukannya tanpa bintang mereka, Pele, hampir sepanjang kompetisi.

Piala Dunia 1962 diadakan di Cile dari 30 Mei sampai 17 Juni 1962. Kompetisi dimulai dengan beberapa masalah setelah Cile terdampak gempa Valvidia pada 1960 dan membuat beberapa stadion rusak. Tapi kompetisi berjalan dengan lancar dengan 16 tim ikut serta.

- Advertisement -

Brasil yang tampil sebagai juara bertahan tentu saja diunggulkan dengan Pele yang berada di puncak performanya menjadi andalan. Terbukti pada laga pertama Grup 3, Selecao menang melawan Meksiko 2-0 dengan Pele mencetak gol bersama Mario Zagallo.

Nostalgia Hari Ini Brasil Pertahankan Gelar Piala Dunia Tanpa Pele
Emirates 24/7

Pada laga kedua, Brasil bertemu generasi emas Cekoslowakia yang dipimpin oleh Josef Masophust – yang memenangkan Ballon d’Or di tahun yang sama – dan di sinilah mimpi buruk terjadi. Pele harus mengalami cedera dan tidak bisa bermain di sisa kompetisi. Laga berakhir dengan skor 0-0.

- Advertisement -

Pada laga terakhir Grup 3 melawan Spanyol, Brasil kalah 1-0 pada babak pertama dan terancam tidak lolos grup. Namun Amarildo, pemain yang menggantikan Pele mencetak brace di babak kedua dan membuat Selecao lolos sebagai juara grup.

Tanpa Pele, Brasil dengan nyaman lolos ke babak final dengan mengalahkan Inggris dan tuan rumah Cile, dengan Manu Garrincha dan Vava mencetak total 7 gol dalam dua laga itu. Pada laga final, mereka kembali bertemu Cekoslowakia..

Partai Final

- Advertisement -

Bermain di Stadion Nacional dengan 68 ribu penonton termasuk Pele yang menonton di tribun stadion, Cekoslowakia unggul terlebih dahulu lewat Josef Masopust pada menit ke-15.

Tapi Amarildo mampu membalas dua menit kemudian lewat tendangan dari sudut sempit dan merubah skor menjadi sama kuat. Babak pertama berakhir dengan skor 1-1.

Nostalgia Hari Ini Brasil Pertahankan Gelar Piala Dunia Tanpa Pele
FIFA

Pada babak kedua, tepatnya pada menit ke-68, Brasil balik unggul lewat sundulan jarak dekat Zito. Pada menit ke-78, kiper Viliam Schrojf, yang tampil brillian sepanjang turnamen ini, melakukan blunder setelah bola umpan panjang melewati tangannya dan mengarah ke kaki Vava.

Vava kemudian melepaskan tendangan ke arah gawang dan menjadi pemain pertama dalam sejarah yang mencetak gol di dua final Piala Dunia beruntun. Brasil menang dengan skor 3-1 dan meraih gelar kedua mereka dari lima yang sejauh ini mereka dapatkan.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img