Nostalgia Hari Ini: Deportivo Hancurkan Pesta Ulang Tahun Real Madrid

gamespool
Nostalgia Hari Ini: Deportivo Hancurkan Pesta Ulang Tahun Real Madrid 3

Football5Star.com, Indonesia – Tepat hari ini, 6 Maret, 19 tahun yang lalu, Deportivo La Coruna berhasil menjadi juara Copa del Rey. Namun, headline pertandingan bukanlah soal Deportivo menjadi juara, tapi karena mereka mengalahkan Real Madrid di momen spesialnya. Pertandingan ini mendapatkan nama El Centenariazo dari media Spanyol.

Ya, 6 Maret merupakan hari kelahiran Real Madrid dan pada tahun 2002 adalah hari jadi klub yang ke-100. Presiden Florentino Perez bahkan sampai menekankan kepada pelatih Vicente Del Bosque bahwa ini adalah target prioritas. Wajar saja, bukan hanya final akan diadakan tepat di ulang tahun Madrid, tapi juga karena laga final akan diadakan di Santiago Bernabeu.

Semuanya seperti sudah dipersiapkan untuk kemenangan dan pesta ulang tahun Real Madrid, tapi yang terjadi justru sebaliknya.

Nostalgia Hari Ini Deportivo Hancurkan Pesta Ulang Tahun Real Madrid
Getty Images

Jalannya pertandingan

Deportivo La Coruna saat itu berada di masa emasnya. Pasukan Javier Irureta saat itu diisi oleh pemain-pemain top, seperti Diego Tristan, Juan Valeron, Lionel Scaloni, Joan Capdevilla dan Roy Makaay. Dua tahun sebelumnya mereka berhasil menjadi juara La Liga, dan musim sebelumnya menjadi runner-up.

Namun secara skuat Real Madrid tentu saja lebih superior. Los Blancos diisi oleh pemain-pemain bintang seperti Roberto Carlos, Luis Figo, Raul, Fernando Morientes, Claude Makelele, dan masih banyak lagi.

Tampil dihadapan 75 ribu penonton, Super Depor tampil dominan. Diego Tristan sudah mendapatkan kesempatan di awal babak. Tapi tendangannya ditepis oleh kiper Cesar Sanchez. Namun hanya berselang beberapa menit, Deportivo langsung mencetak gol. Sergio Gonzalez dengan ciamik melewati kapten Fernando Hierro sebelum berhasil menceploskan bola ke gawang.

Nostalgia Hari Ini Deportivo Hancurkan Pesta Ulang Tahun Real Madrid
All To Play For

Deportivo lalu unggul 2-0 pada menit ke-37 kali ini Diego Tristan akhirnya berhasil mencetak gol lewat umpan dari Victor Sanchez.

Vicente Del Bosque langsung melakukan taktik menyerang di babak kedua dengan memasukkan Santiago Solari untuk menggantikan Francisco Pavon. Los Blancos berhasil memperkecil kedudukan lewat Raul Gonzalez pada menit ke-58, tapi skor tetap bertahan 2-1 sampai penghujung laga.

Deportivo La Coruna berhasil merengkuh gelar Copa del Rey keduanya dan Real Madrid gagal menang setelah terakhir mereka mendapatkan gelar itu pada 1993. Pada musim itu (2001-02), Deportivo juga finis (2) di atas Real Madrid (3) dalam posisi klasemen La Liga dengan Valencia keluar sebagai juara. Namun musim Los Blancos terselamatkan ketika mereka berhasil menjadi juara Liga Champions dengan mengalahkan Bayer Leverkusen.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More