Nostalgia Hari Ini: Diego Michiels Resmi Dinaturalisasi Indonesia

Football5Star.com, Indonesia – Timnas Indonesia pada 7 April 2011 kedatangan tambahan tenaga dari pemain naturalisasi anyar, Diego Michiels. Hari itu, 10 tahun lalu mungkin tak akan dilupakan oleh pemain yang kini bernama Diego Muhammad bin Robbie Michiels lantaran resmi jadi Warga Negara Indonesia (WNI).

2011 silam memang PSSI dan pemerintah Indonesia giat dalam mencari pemain-pemain keturunan di Belanda. Selain Diego, ada sejumlah nama yang dinaturalisasi, seperti Stefano Lilipaly, Joey Suk, Ruben Wuarbanaran, Tonnie Cusell, hingga Johny Rudolof van Beukering.

Kala itu, Diego yang lahir di Deventer, Belanda, datang ke Indonesia dengan usia muda, yakni 21 tahun. Keputusannya mengubah status kewarganegaraannya terbilang berani. Karena, kala itu Diego Michiels bisa saja memilih bertahan di Belanda dan mencoba menembus skuat tim nasionalnya.

Nostalgia Hari Ini: Diego Michiels Resmi Dinaturalisasi Indonesia

Proses naturalisasi Diego sendiri sudah berjalan sejak Maret. Namun, proses pengubahan warga negara Diego pada akhirnya baru selesai pada 7 April 2011. Kala itu, Diego resmi dinaturalisasi bersama Joey Suk dan Ruben Wuarbanaran.

“Bapak saya orang Indonesia dan ibu orang Belanda. Ketika itu ada orang PSSI datang ke Belanda untuk mencari pemain keturunan. Begitu mereka telepon, saya langsung antusias. Pertama kali saya menginjakkan kaki di Indonesia itu suasananya enak, negaranya juga enak, dan orangnya ramah-ramah,” ungkap Diego Michiels dalam YouTube pribadinya tahun lalu.

Nyaris Bawa Timnas Raih Emas

Sebenarnya, PSSI sudah memanggil Diego, Ruben Wuarbanaran, dan Joey Suk untuk membela tim nasional U-23 Indonesia pada Babak Pertama Turnamen Pra-Olimpiade 2012 menghadapi Turkmenistan. Namun kala iotu mereka gagal langsung bela timnas karena naturalisasinya belum selesai.

Nostalgia Hari Ini: Diego Michiels Resmi Dinaturalisasi Indonesia
Dok. Vivanews

Beberapa bulan setelahnya, Diego Michiels akhirnya kesampaian membela Timnas u-23 Indonesia pada ajang SEA Games 2011. Kala itu, Diego dan Timnas Indonesia sukses melaju sampai ke babak puncak dengan lumayan mulus.

Timnas U-23 lolos dari Grup A dengan status runner-up grup lalu mengandaskan Vietnam di semifinal, dan bersua Malaysia pada partai puncak. Sayang, Diego dan rekan-rekan gagal meraih emas setelah takluk via adu penalti dari musuh bebuyutan, Malaysia dalam partai final.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More