Nostalgia Hari Ini: Era Johan Cruyff di Barcelona Dimulai

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5star.com, Indonesia – Johan Cruyff orang Belanda yang menyelamatkan Barcelona. Berbeda dengan orang Belanda lainnya, Ronald Koeman yang malah membuat Barcelona terpuruk. Dua orang Belanda ini di tanggal yang sama, 28 Oktober memiliki cerita tersendiri untuk Blaugrana.

Jika di 28 Oktober 2021 waktu Indonesia, Ronald Koeman resmi dipecat oleh Barcelona setelah kekalahan dari Rayo Valecano maka di tanggal sama pada tahun 1973, Johan Cruyff torehkan catatan manis untuk Blaugrana.

- Advertisement -

Cruyff datang ke Barcelona bersama dengan pemain asal Peru, Hugo Sotil. Dua pemain ini menjadi pilihan presiden Barcelona saat itu, Agusti Montal I Costa terkait kuota pemain asing di Liga Spanyol. Pada Mei 1973, otoritas sepak bola Spanyol mengizinkan pemain asing berkiprah di LaLiga, namun satu klub hanya diperbolehkan memiliki dua pemain asing.

Nostalgia Hari Ini: Era Johan Cruyff Barcelona Dimulai
readtheleague.com

Sebelum datang ke Barca, Johan Cruyff ialah pemain yang memiliki karier cemerlang di Ajax. Bersama Ajax, ia meraih enam gelar liga, tiga juara kompetisi Eropa dan Ballon d’Or 1971.

Setahun sebelum ia meraih gelar Ballon d’Or, nama Cruyff menjadi incaran Barca yang saat itu dilatih Vic Buckingham, mantan pelatih Cruyff di Ajax. Buckingham juga yang memberi kesempatan untuk Johan Cruyff menjalani debut di Ajax.

Barca pun rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan Cruyff. Barcelona mendapat Johan Cruyff setelah membayar 922 ribu poundsterling, angka tertinggi mengalahkan perekrutan Pietro Anastasi oleh Juventus pada 1968.

Johan Cruyff Barca

Johan Cruyff Sempat Didekati Real Madrid

Salah satu catatan menarik dari kedatangan Johan Cruyff ke Barcelona ialah Real Madrid ternyata juga sempat bernafsu untuk mendapatkan pemain kelahiran 25 April 1947 di Amsterdam itu.

Dikutip Football5star.com dari Sportskeeda, Kamis (28/10/2021), Real Madrid sempat melakukan negosiasi dengan Ajax. Kubu El Real bahkan sangat percaya diri sudah mencapai kesepakatan untuk mendapatkan Cruyff.

Akan tetapi muncul masalah karena Cruyff merasa tak dilibatkan dalam negosiasi tersebut. Ia tersinggung dan memilih untuk bergabung denga rival Real Madrid, Barcelona. Hal ini kemudian menimbulkan konflik.

Otoritas sepak bola Spanyol sampai harus menahan izin bertanding Cruyff selama beberapa minggu, namun kemudian lampu hijau diberikan kepada Barcelona untuk mendapatkan Cruyff.

Johan Cruyff Barcelona

Johan Cruyff tiba di Camp Nou dengan situasi cukup rumit. Barcelona terdampar di babak papan bawahh klasemen Laliga dengan hanya 1 kali menang dari 6 pertandingan.

Laga debutnya melawan Granada pada 28 Oktober 1973 menjadi momentum era Johan Cruyff di Barcelona. Di laga tersebut, ia mencetak dua gol di kemenangan 4-0.

Kemenangan atas Granada itu mengangkat Barcelona yang sebelum Cruyff datang tak bisa menembus 10 besar. Kedatangan Cruyff mengakhiri puasa gelar Barcelona selama 14 tahun.

“Kedatangan Cruyff dari sisi sepak bola bak ledakan besar. Itu yang lalu mengubah tim ini.” ucap rekannya di Barcelona, Antonio de la Cruz.

Dia tetap bersama Barcelona selama lima musim dan menjadi pelatih di rentang waktu 1988 hingga 1996 dan mempersembahkan empat gelar liga, Liga Champions dan Piala Winners.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img