Nostalgia Hari Ini: Pendukung Crystal Palace Tewas Ditikam Suporter Manchester United

Nostalgia Hari Ini: Pendukung Crystal Palace Tewas Ditikam Suporter Manchester United 3

Football5Star.com, Indonesia – 9 April 1995 menjadi hari paling gelap di Piala FA setelah salah seorang pendukung Crystal Palace tewas ditikam fans Manchester United. Kejadian itu tercipta hanya beberapa jam sebelum laga semifinal Piala FA antara Palace vs United di Villa Park.

Fan tersebut bernama Paul Nixon. Sama seperti pendukung Palace lainnya, Nixon kala itu melakukan perjalanan dari London ke Walsall. Sesampainya di lokasi, dia mampir ke sebuah pub untuk minum sebelum pertandingan.

Menurut laporan polisi, Nixon dan sekelompok penggemar Crystal Palace lainnya berada di luar pub tersebut, delapan mil dari Villa Park. Namun tiba-tiba mereka diserang oleh sekelompok pendukung Manchester United.

Nahas bagi Paul Nixon. Dia ditikam dan dihantam dengan batu sebelum akhirnya jatuh. Nixon mencoba melarikan diri dari amukan oknum pendukung United. Namun, saat melarikan diri dia malah tertabrak bus yang melintas.

“Nixon seharusnya menonton tim kesayangannya main di semifinal Piala FA. Dia tak bisa pulang malam itu dan meninggal di Walsal. Saya sedih ketika harus mengingatnya,” kata Matty, salah seorang pendukung Palace yang kala itu juga ada di lokasi kejadian, dikutip Birmingham Mail.

Peruncing Hubungan Fans United dan Palace

Meski panitia mengetahui kabar tewasnya Paul Nixon, tapi pertandingan Palace vs United tetap dilaksanakan. Partai itu berakhir imbang 2-2 dan laga kemudian ditentukan dalam pertandingan ulang empat hari kemudian.

Ribuan pendukung Palace memboikot pertandingan ulang semifinal. Hal itu karena laga digelar hanya tiga hari setelah meninggalnya Nixon. United pun kala itu menang 2-0 berkat gol Gary Pallister dan Steve Bruce.

Ketegangan antara pendukung Crystal Palace dan Manchester United memang sudah meningkat sejak awal tahun itu. Pada Januari, striker United, Eric Cantona melompat ke kerumunan dan menendang seorang pendukung Palace yang diklaim telah mengeluarkan ejekan rasis. Cantona diskors selama sisa musim dan didenda £ 20.000.

Nostalgia Hari Ini: Pendukung Crystal Palace Tewas Ditikam Suporter Manchester United

Para pendukung Palace pun membuat sebuah situs peringatan di sekitar pub tersebut. Hal itu untuk mengenang Paul Nixon yang meninggal demi menyaksikan pertandingan Palace.

“Teman-temannya masih datang setiap tahun pada hari peringatan kematiannya. Saya, setelah beberapa kali tak kuat, akhirnya memberanikan diri mengunjungi situs ini,” tutup Matty, 2018 lalu.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More