Nostalgia Hari Ini: Foto Tentara Nazi Saat Peringati Remembrance Day

BACA JUGA

Football5star.com, Indonesia – Remembrance day adalah hari sakral untuk masyarakat Britania Raya. Tidak hanya Inggris yang memperingatinya, tapi juga Wales dan Skotlandia.

Remembrance day selalu disimbolkan oleh bunga poppy. Hal ini juga berlaku di sepak bola. Selama November semua pertandingan akan kental dengan kehadiran bunga poppy. Mulai dari jersey pemain, pelatih, hingga perangkat pertandingan.

- Advertisement -

Sebagai informasi, remembrance day adalah mengenang jasa para pahlawan Britania selama perang dunia. Sayang, kesakralan remembrance day pernah tercoreng oleh kesalahan fatal di Liga Skotlandia.

rangers glasgow times
Glasgow Times

Adalah Airdrie United, klub divisi dua Liga Skotlandia yang membuat blunder. Momen yang takkan mereka lupakan itu terjadi pada hari ini 10 tahun silam.

- Advertisement -

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Airdrie United ingin mencetak kartu khusus untuk menyambut Remembrance day. Kartu-kartu khusus itu mereka jual sebelum pertandingan melawan Livingston.

Airdrie yang bekerja sama dengan perusahaan kereta api setempat, Network Rail, kemudian memilih foto tentara yang berada di kereta sebagai sampul utama. Mereka juga menyertakan bunga poppy Skotlandia yang disertai kalimat “Mendukung pahlawan kita”.

- Advertisement -

Sekilas tidak ada yang salah dengan kartu tersebut. Tapi jika diteliliti lagi, Airdrie telah membuat kesalahan, kesalahan yang sangat fatal bahkan.

Bagaimana tidak, tentara yang ada di foto tersebut bukanlah tentara Britania. Tapi tentara Nazi, yang merupakan musuh Inggris Raya selama perang dunia.

airdrie united dailyrecord
dailyrecord

Mengetahui kesalahan tersebut, pemilik klub, Jim Ballantyne langsung meminta maaf. Begitu pula dengan sekretaris klub, Ann Marie Ballantyne. “Jelas itu tidak disengaja. Kami diberi tahu bahwa tentara itu berasal dari Australia,” jelas Ann Marie.

Kendati sudah meminta maaf, masalah tidak berhenti sampai di situ untuk Airdrie United. Sponsor klub, Network Rail, yang mendukung penggunaan foto tersebut menyatakan mundur dan menolak bertanggung jawab.

Sedangkan di lapangan, Airdrie United kalah 0-1 dari Livingston. Dan sepanjang 90 menit pertandingan mereka diteriaki fan karena memasang foto tentara Nazi untuk memperingati remembrance day yang sakral itu.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img