Nostalgia Hari Ini: Gelar Ketiga Ole Gunnar Solskjaer Sebagai Pelatih

BACA JUGA

gamespool
Nostalgia Hari Ini: Gelar Ketiga Ole Gunnar Solskjaer Sebagai Pelatih 4

Football5Star.com, Indonesia – Tepat hari ini, 24 November, 7 tahun yang lalu, Ole Gunnar Solskjaer, berhasil meraih trofi ketiganya sebagai pelatih klub profesional. Hari itu, Molde berhasil mengalahkan Rosenborg dengan skor 4-2 di Piala Norwegia.

Solskjaer memulai karier melatihnya di tim reserves Manchester United pada tahun 2008 dan berhasil membawah United junior menjadi juara Premier Reserve League musim 2009-10. Namun kariernya menjadi pelatih klub profesional datang pada 2011 ketika dia melatih mantan klubnya, Molde.

Sukses bersama Molde

Nostalgia Hari Ini Gelar Ketiga Ole Gunnar Solskjaer Sebagai Pelatih
NFK
- Advertisement -

Ditangan Solskjaer, Molde berubah dari awalnya yang merupakan klub bisa menjadi klub hebat di Norwegia. Bagaimana tidak, sebelum ditangani Solskjaer, Molde sama sekali tak pernah juara Liga Norwegia walaupun menjadi runner-up 7 kali. Di musim perdanannya, Solskjaer langsung mengantarkan Molde juara Liga Norwegia untuk pertama kalinya dalam 100 tahun klub itu berdiri dan kembali mempertahankannya pada musim keduanya.

Hal itu membuat Solskjaer menjadi salah satu pelatih muda yang diperhitungkan pada saat itu. Pada musim ketiganya, 2013, performa Molde menurun. Mereka hanya bisa finis di posisi ke-6 klasemen. Namun Molde menebusnya di kompetisi lain, Piala Norwegia.

Berbeda dengan mayoritas liga-liga di Eropa pada umumnya, Norwegia memulai liga di awal tahun dan selesai akhir tahun. Jadi, laga final diadakan pada 24 November 2013, di Stadion Ulleval, markas timnas Norwegia.

Mereka berhadapan dengan Rosenborg, tim terbesar dan tersukses di Norwegia. Molde sempat tertinggal 2-1 sampai menit ke-70. Lalu mereka berhasil comeback lewat gol dari Jo Berget, Magne Hoseth, dan Tommy Hoiland dalam waktu 20 menit. Laga berakhir dengan skor 4-2. Ini merupakan gelar Piala Norwegia ketiga bagi Molde.

Nostalgia Hari Ini Gelar Ketiga Ole Gunnar Solskjaer Sebagai Pelatih
Daily Advent

Sayangnya, sampai artikel ini ditulis, trofi itu merupakan trofi terakhir yang Ole Gunnar Solskjaer dapatkan sebagai pelatih.

Tepat setelah itu dia mendapat tawaran dari Premier League dengan menukangi Cardiff City pada Januari untuk menggantikan Malky Mackay yang dipecat. Bukanya membaik, datangnya Solskjaer malah membuat Cardiff semakin terpuruk. Mereka finis di posisi juru kunci musim 2013-14. Solskjaer pun dipecat pada September 2014 dan kembali ke Molde pada tahun depannya.

Tapi dia tak bisa mengulangi prestasinya, di periode keduanya, Solskjaer gagal membawa satu gelarpun untuk Molde. Pada Desember 2018, Solskjaer akhirnya melatih Manchester United untuk menggantikan Jose Mourinho, sampai saat ini.

[better-ads type=’banner’ banner=’156437′ ]

- Advertisement -

You Might also like

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img