Nostalgia Hari Ini: Gelar Liga Champions Satu-satunya Die Borussen

BACA JUGA

gamespool
Nostalgia Hari Ini: Gelar Liga Champions Satu-satunya Die Borussen 4

Football5Star.com, Indonesia – Tepat hari ini, 28 Mei 24 tahun yang lalu, Borussia Dortmund berhasil menjadi juara Liga Champions untuk pertama kalinya dan sampai saat ini masih satu-satunya. Mereka secara mengejutkan bisa mengalahkan juara bertahan, Juventus.

Sebelum laga ini, Dortmund hampir sama sekali tak punya tradisi bagus di kancah Eropa. Mereka hanya sekali meraih Piala Winners, itu pun sudah sangat lama, tepatnya 1965-66. Setelah itu Die Borussen hanya pernah masuk final sekali, UEFA Cup musim 1992-93 yang saat itu masih memakai sistem dua leg. Dan lawan mereka adalah Juventus. Mereka kalah dengan aggregat telak, 6-1.

- Advertisement -

Ini juga merupakan final pertama Dortmund di Liga Champions, sedangkan Juventus sudah kelima kalinya, Jadi sudah pasti, walaupun laga dimainkan di Jerman, tepatnya Olympiastadion, Juventus jauh diunggulkan pada laga ini.

Nostalgia Hari Ini Gelar Liga Champions Satu-satunya Die Borussen
Goal

Jalannya Pertandingan

Il Bianconeri punya peluang lebih dahulu lewat Christian Vieri setelah dia bisa lolos dari penjagaan dua bek Dortmund, tapi tendanganya melebar dari gawang Stefan Klos.

Tapi Karl-Heinz Riedle membuat Dortmund unggul terlebih dahulu pada menit ke-29. Dari dalam kotak penalti dia mendapatkan umpan silang dari Paul Lambert. Riedle kemudian mengontrolnya dan berhasil melepaskan tembakan ke gawang Angelo Peruzzi.

5 menit kemudian, pemain yang sama berhasil mencetak gol kembali. Kali ini lewat tandukan kepala hasil dari umpan tendangan penjuru.

Kebobolan 2 gol, Juventus terus menerus menggempur pertahanan Mathias Sammer cs. Zinedine Zidane dapat peluang emas lewat tendangan dari luar kotak penalti, tapi membentur tiang gawang. Babak kedua berakhir dengan skor 2-0.

Nostalgia Hari Ini Gelar Liga Champions Satu-satunya Die Borussen (@FootyAccums)
@FootyAccums

Di babak kedua, Marcelo Lippi memasukkan Alessandro Del Piero untuk menggantikan bek kanan Sergio Porri. Pergantian terbukti jitu, Del Piero mencetak gol pada menit ke-65. Dia dengan cerdik menendang bola dengan tumitnya hasil umpan dari Alen Boskic.

Tapi pada menit ke-71, Dortmund kembali mencetak gol. Lars Ricken yang baru 16 detik berada di lapangan memanfaatkan umpan terobosan dari Andreas Moeller. Ricken melihat Peruzzi sedikit keluar dari gawangnya dan dia men-chip bola dari luar kotak penalti.

Laga berakhir dengan skor 3-1 dan Borussia Dortmund berhasil menjadi juara untuk pertama kalinya dan satu-satunya hingga saat artikel ini ditulis.

[better-ads type=’banner’ banner=’156436′ ]

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img