Nostalgia Hari Ini: Gencatan Senjata Lewat Sepak Bola di Perang Dunia Pertama

BACA JUGA

Nostalgia Hari Ini: Gencatan Senjata Lewat Sepak Bola di Perang Dunia Pertama 4

Football5Star.com, Indonesia – Perayaan hari Natal sangat terasa dalam sepak bola, terutama pada Perang dunia pertama, 1914 silam. Sebab saat itu, kubu Jerman dan Inggris Raya melakukan gencatan senjata tepat di Hari Natal dengan bermain sepak bola.

Cerita awalnya, gencatan senjata itu terjadi saat malam Natal. Tentara dari kedua negara itu sama-sama beristirahat di Ypres, Belgia. Kedua pasukan itu memang mendirikan barak tak jauh dan saling bersautan menyanyikan lagi Natal.

- Advertisement -

Nah pagi harinya, dikutip dari BBC, kedua kubu sepakat melakukan gencatan senjatan saat hari besar keagamaan ini. Serdadu dari kedua negara tersebut sepakat untuk melupakan sejenak pertumpahan darah. Mereka menanggalkan senjata di tengah sengitnya Perang Dunia Pertama. Mereka juga bersama-sama mengubur korban jiwa yang gugur dalam perang, peristiwa itu dikenal dengan Christmas Truce.

Nostalgia Hari Ini: Gencatan Senjata Lewat Sepak Bola di Perang Dunia Pertama
Ilustrasi FIFA

Kedua kubu kemudian bersepakat menggelar sebuah pertandingan sepak bola di tanah tak bertuan. Dikutip dari The Times, diceritakan kalau pertandingan tersebut hanya berlangsung selama 30 menit. Tak diketahui jelas berapa skor yang tercipta dalam pertandingan tersebut. Namun, kabarnya Jerman menang 3-2 atas Inggris kala itu.

Kebenaran dari catatan tersebut telah diperdebatkan oleh beberapa sejarawan. Pada 1984, Malcolm Brown dan Shirley Seaton menyimpulkan bahwa mungkin ada upaya untuk memainkan pertandingan terorganisir yang gagal karena keadaan lapangan. Namun beberapa lainnya menyebut kalau saat itu kaleng daging sapi dibuat menjadi bola.

“Betapa luar biasa indahnya, namun betapa anehnya itu. Para perwira Inggris juga merasakan hal yang sama. Karenanya Natal, perayaan Cinta, berhasil menyatukan musuh bebuyutan sebagai teman untuk sementara waktu,” kenang Letnan Jerman, Kurt Zehmisch.

PascaChristmas Truce

Meski sempat terjadi gencatan senjata, tapi nyatanya pertempuran tetap terjadi dan terus berlanjut. Beberapa Komando Tertinggi di kedua belah pihak tak senang dengan aksi itu yang merusak semangat juang.

Setelah 1914, dikutip dari IWM, peperangan terus berlanjut di beberapa daerah tak bertuan itu. Meskipun ada beberapa insiden tentara yang mengadakan gencatan senjata singkat di kemudian hari dan tak hanya pada Hari Natal.

Nostalgia Hari Ini: Gencatan Senjata Lewat Sepak Bola di Perang Dunia Pertama

Peperangan terus terjadi dalam Perang Dunia Pertama ini. Hingga semua kubu akhirnya sepakat untuk menyelesaikannya pada 1918. Namun meski begitu, peristiwa Christmas Truce yang terjadi 1914 tetap akan dikenang sebagai sebuah upaya perdamaian melalui sepak bola.

[better-ads type=’banner’ banner=’156417′ ]

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img