Nostalgia Hari Ini: Gol Spektakuler Mauro Bressan ke Gawang Barcelona

BACA JUGA

Banner Baru Gamespool

Football5Star.com, Indonesia – Tepat hari ini, 2 November, 22 tahun yang lalu, tercipta salah satu gol paling spektakuler dalam sejarah Liga Champions. Gol itu diciptakan oleh pemain Fiorentina, Mauro Bressan ke gawang Barcelona.

- Advertisement -

Nama Bressan mungkin tidak sepopuler rekan-rekan timnya saat itu. Sebut saja Gabriel Batistuta, Rui Costa, Francesco Toldo, Angelo Di Livio, Enrico Chiesa dan Abel Balbo.

Namun ada satu momen yang membuatnya akan selalu diingat oleh para pecinta sepak bola terutama fans La Viola, momen itu tercipta di babak grup pertama Liga Champions musim 1999-2000.

- Advertisement -

Fiorentina tergabung ke Grup B bersama Barcelona, Arsenal dan AIK. Pada laga terakhir, 2 November 1999, La Viola berhadapan dengan Barcelona di Artemio Franchi dan membutuhkan minimal hasil imbang untuk lolos ke babak grup kedua.

Terciptanya Gol

Nostalgia Hari Ini Gol Spektakuler Mauro Bressan ke Gawang Barcelona (keyformat)
keyformat

Saat skor masih 0-0 pada menit ke-14, bek Barca, Ronald De Boer menyapu bola di depan gawang untuk memotong umpan dari Enrico Chiesa.

- Advertisement -

Bola jatuh ke kaki Joerg Heinrich di luar kotak penalti, namun kontrol pemain timnas Jerman itu tidak sempurna. Rivaldo gagal menyambut bola, dan bola memantul ke arah Bressan.

Kemudian Bressan, yang dikelilingi oleh para pemain, melakukan bicycle kick dari jarak kurang lebih 30 meter dari gawang. Bola lalu menukik tajam ke pojok atas gawang Francesc Arnau.

Pada 2012, Bleacher Report menempatkan gol itu di posisi kedua daftar 50 Gol Terbaik di Liga Champions di belakang gol Zinedine Zidane di final Liga Champions 2002 melawan Bayer Leverkusen.

Gol itu memang tak membuat Fiorentina menang. Hasil akhir laga berakhir imbang 3-3 dengan Abel Balbo mencetak brace (satu gol berkat assist Bressan) dan Barca membalas lewat Luis Figo dan brace Rivaldo.

Namun hasil itu cukup untuk membuat La Viola lolos sebagai runner-up ke babak grup kedua dengan raihan 9 poin dan menyingkirkan Arsenal yang saat itu berada di posisi ketiga dengan 8 poin.

Gol ini juga merupakan satu-satunya gol yang dicetak Bressan di Liga Champions dari 22 gol yang dia cetak sepanjang kariernya.

Nostalgia Hari Ini Gol Spektakuler Mauro Bressan ke Gawang Barcelona (Marca)
Marca

Mauro Bressan: Itu Gol Gila

Bressan sendiri mengatakan bahwa dia sebenarnya mencoba tendangan itu beberapa kali di sesi latihan, namun jarang berhasil.

“Banyak orang mengingat gol itu, dan mengingatkan saya akan hal itu ketika mereka bertemu dengan saya,” ujarnya kepada FourFourTwo.

“Itu mungkin tampak agak gila pada saat itu, tetapi saya ingin mencobanya karena saya telah mencobanya beberapa kali dalam latihan dan tidak banyak berhasil.

“Semuanya tergantung pada cara saya menendangnya, dan itu terjadi melalui koordinasi, kemudian kaki terhubung dengan bersih dengan bola,” lanjutnya.

“Saya memiliki kenangan indah tentang gol saya di Florence. Ketika saya kembali berdiri (setelah cetak gol), saya baru saja mulai berteriak.”

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img