Home Liga Inggris Arsenal Nostalgia Hari Ini: Hari Besar Arsenal dan Thierry Henry

Nostalgia Hari Ini: Hari Besar Arsenal dan Thierry Henry

0
Nostalgia Hari Ini: Hari Besar Arsenal dan Thierry Henry
Banner Baru Gamespool

Football5Star.com, Indonesia – 3 Agustus 1999 boleh dibilang menjadi salah satu hari besar dan bersejarah buat Arsenal serta Thierry Henry. Sebab tepat hari ini, 22 tahun yang lalu Henry secara resmi diperkenalkan oleh klub asal London Utara tersebut.

Kala itu, Arsenal mengontrak Henry yang masih berusia 22 tahun dari Juventus dengan biaya yang dilaporkan sebesar £11 juta. Eks manajer the Gunners, Arsene Wenger memang sudah tahu betul kualitas Henry. Sebab, sebelumnya pemain asal Prancis itu memulai kariernya di Monaco pada 1994 dan didatangkan oleh Arsene Wenger.

Saat berada di sana, dia sukses mencetak 28 gol dan memberikan 37 assist dalam 141 penampilan. Henry pun sukses membantu Monaco memenangkan gelar liga dan Trophée des Champions pada 1997. Keberhasilan itu lantas menarik minat Juventus. Klub raksasa Italia itu lantas mau mengeluarkan kocek hingga £ 10,5 juta pada Januari 1999 untuk memboyongnya. Tetapi sayangnya, Henry gagal beradaptasi dengan Serie A dan pergi setelah hanya setengah musim.

Arsene Wenger, yang pindah ke Arsenal pada 1996, membawa Henry ke London. Dia menggunakan sebagian dana £23,5 juta yang baru saja diterima klub dari Real Madrid terkait hasil penjualan Nicolas Anelka.

Wenger memang sudah sedari awal yakin kalau Thierry Henry akan jadi legenda buat The Gunners. Hal itu dia ucapkan saat awal mula mengumumkan kedatangan Henry sebagai striker anyar pada usia 22 tahun.

“Dia adalah striker muda yang akan menjadi aset besar untuk Arsenal Football Club. Dia memiliki pengalaman yang istimewa, baik sdi klub dan sepak bola internasional serta akan sangat memperkuat daya gedor kami,” ujar Wenger.

Thierry Henry Membuktikan

Ya, pernyataan Wenger kepada Henry benar-benar terbukti. Faktanya bersama The Gunners, striker Prancis itu benar-benar menjelma jadi penyerang buas. Bahkan, dia mencatatkan rekor gol klub sepanjang masa dengan mencetak 226 gol dalam kurun 1999-2007.

Nostalgia Hari Ini: Hari Besar Arsenal dan Thierry Henry

Tak cuma itu, Thierry Henry sukses menjadi top skorer Premier League di empat musim berbeda. Dia juga menjadi pemain Prancis terbaik sebanyak lima kali selama membela The Gunners. Beberapa rekor diciptakannya, dia pernah meraih catatan gol terbanyak di Liga Champions (35 gol), pencetak gol terbanyak di Premier League dalam semusim (30/2003-04 bersama Robin van Persie), hingga mencatatkan 8 hat-trick.

Jelas, ketajaman Henry itu dituai oleh klub London Utara itu. Dalam masa-masa dibela oleh Henry, Arsenal sukses meraih dua gelar Premier League dan mengunci tiga trofi Piala FA. Dia pun sempat membawa the Gunners ke final Liga Champions 2005-06, dan jadi runner-up UEFA Cup 1999-2000.

Sayang, kebersamaan Henry dengan The Gunners harus berakhir pada 2007. Dia pun kembali membuktikan ketajamannya di sana dengan mencatat 35 gol dalam 80 laga. Sempat ke New York Red Bulls, Henry sempat mampir kembali ke London Utara pada 2012 dengan mengemas satu gol dalam empat laga dalam masa pinjamannya.

[better-ads type=’banner’ banner=’156417′ ]