Nostalgia Hari Ini: Kerusuhan Antarsuporter Ajax dan Feyenoord di Beverwijk

BACA JUGA

gamespool
Nostalgia Hari Ini: Kerusuhan Antarsuporter Ajax dan Feyenoord di Beverwijk 4

Football5Star.com, Indonesia – Tepat hari ini, 23 Maret, 24 tahun yang lalu, terjadi kerusuhan antar suporter garis keras Ajax Amsterdam dan Feyenoord Rotterdam. Kejadian ini dinamai Battle of Beverwijk.

Der Klassieker adalah pertandingan terbesar di sepak bola Belanda yang mempertemukan dua raksasa, Ajax dan Feyenoord. Bersama PSV Eindhoven, keduanya sama-sama menguasai Eredivisie. Pertarungan kedua klub bukan hanya terjadi di lapangan dengan para pemain, pertarungan juga terjadi di luar lapangan dengan kedua fans saling berkelahi satu sama lain.

- Advertisement -

Hooliganisme memasuki sepak bola Belanda di akhir 70-an dan kedua tim memiliki suporter garis keras. F-Side dari Ajax dan S.C.F dari Feyenoord.

Nostalgia Hari Ini Kerusuhan Antar Suporter Ajax dan Feyenoord di Beverwijk
wikipedia

Laga Ajax vs Feyenoord pada musim 1996-97 diadakan pada 23 Februari 1997. Ajax menang dengan skor 3-0 lewat gol dari Babangida, Patrick Kluivert, dan Jari Litmanen. Namun di balik pertandingan itu, kedua hooligan sepakat untuk bertemu dan adu otot di luar lapangan.

- Advertisement -

Mereka sepakat membawa 50 orang, namun S.C.F melanggar perjanjian dengan membawa 75 orang. F-Side yang mengetahui hal itu langsung melarikan diri dan mengejek S.C.F karen telah berbuat curang. Kedua hooligan akhirnya menyepakati tanggal dan tempat yang baru, 23 Maret 1997, di jalan tol A9, Beverwijk.

Masing-masing membawa beraneka macam senjata seperti palu, pisau, tongkat bisbol, tongkat besi dan alat kejut listrik. Kepolisian Belanda sebenarnya sudah melakukan langkah-langkah antisipasi, namun bentrokan tetap terjadi.

- Advertisement -

Pertempuran itu kabarnya hanya berlangsung selama lima menit. Namun memakan banyak korban luka berat dan satu korban jiwa. Orang itu bernama Carlo Picornie yang merupakan bagian dari F-Side. Dikabarkan Picornie menerima luka serius karena dihantam palu dan mendapatkan luka tusuk di jantungnya saat dia terpisah dengan kelompoknya.

Nostalgia Hari Ini Kerusuhan Antar Suporter Ajax dan Feyenoord di Beverwijk
AS

Pasca Kerusuhan

Beberapa orang yang terlibat dalam kerusuhan itu ditangkap kepolisian Belanda dan dijebloskan ke penjara. Salah satunya anggota S.C.F bernama Leonardo Pansier yang dituduh membunuh Carlo Picornie.

Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) kemudian melakukan kesepakatan dengan walikota Amsterdam dan Rotterdam untuk melarang kedua suporter datang ke partai tandang Der Klassikier selama beberapa musim.

[better-ads type=’banner’ banner=’156437′ ]

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img