Nostalgia Hari Ini: Korea Utara Bikin Brasil “Mati Kutu”

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5star.com, Indonesia – Pada 15 Juni 2010, Korea Utara mencuri perhatian dengan penampilan impresif melawan Brasil di Piala Dunia. Meski pada akhirnya kalah, apa yang dilakukan Korut membuat pecinta sepak bola terkejut.

Piala Dunia 2010 adalah kedua kalinya Korea Utara tampik di turnamen tersebut. Sebelumnya, mereka juga pernah tampil pada 1966 dan lolos sampai babak perempat final.

- Advertisement -

Di 2010, Korea Utara membawa semangat militan yang sama. Hal itu sangat terlihat ketika mereka menghadapi Brasil di laga pembuka grup.

Nostalgia Hari Ini: Korea Utara Bikin Brasil "Mati Kutu"
Getty Images

Meski unggul dari segi teknik, tak mudah bagi Brasil untuk merebut poin penuh dari tangan wakil Asia tersebut. Sepanjang laga, dominasi Selecao selalu mentah menghadapi permainan bertahan Korut yang bermain dengan lima bek.

Di babak pertama, cuma Maicon yang bisa menembak boal ke arah gawang. Itu pun tak menghasilkan apa-apa. Prediksi banyak orang bahwa Brasil akan pesta gol ke gawnag Korut langsung mentah.

- Advertisement -

Brasil mencoba bermain tenang di babak kedua. Hasilnya muncul di menit ke-55, ketika kreasi serangan dari Elano berakhir dengan gol indah dari kaki Maicon. Maicon membabat bola sebelum keluar garis belakang lapangan dan membuat bola masuk melalui celah antara kiper Myong Guk dan tiang gawang.

Nostalgia Hari Ini: Korea Utara Bikin Brasil "Mati Kutu"
Getty Images
- Advertisement -

Unggul satu gol membuat pemain Brasil semakin tenang mengendalikan permainan. Kreativitas serangan pun bermunculan. Hal ini ditandai dengan lahirnya gol kedua Brasil dari umpan terobosan Robinho. Bola membelah pertahanan Korut dan Elano berada pada posisi tepat untuk memburu dan menendangnya ke arah tiang jauh.

Dua gol sudah cukup bagi Pelatih Brasil Carlos Dunga untuk menarik pemain-pemain pentingnya seperti Kaka, Elano, dan Felipe Melo. Namun, pertahanan Brasil justru lengah menjelang akhir laga. Di menit ke-89, aksi Ji Yun Nam melewati bek senior sekaligus kapten Brasil, Lucio, membuat kejutan bagi Brasil.

Setelah mendapat ruang, Yun Nam melepas tendangan ke gawang Julio Cesar dan mengubah skor menjadi 2-1. Gol itu melecut semangat Korut untuk menyamakan skor. Mereka sempat menusuk beberapa kali, tapi waktu tak mengizinkan mereka untuk menciptakan gol kedua.

Dihukum Pemerintah Korut

Nostalgia Hari Ini: Korea Utara Bikin Brasil "Mati Kutu"
Getty Images

Meski berhasil membuat kejutan melawan Brasil, sayangnya penampilan Korea Utara menurun di laga berikutnya melawan Portugal dan Pantai Gading. Mereka kalah dengan skor telak 0-7 dan 0-3.

Gara-gara tiga kekalahan tersebut, Korea Utara terpuruk di dasar klasemen dan tersingkir di penyisihan grup.

Begitu pulang ke negara sendiri, para pemain Korut langsung dihukum pemerintah mereka. Seluruh pemain, kecuali Jong Tae-se dan An Yong-hak, disidang secara terbuka selama enam jam di sebuah auditorium besar sekembalinya ke Pyongyang.

Pelatih Kim Jong Hun juga dipecat dari Partai Pekerja dan dipaksa kerja kasar sebagai hukuman.

- Advertisement -
- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img