Nostalgia Hari Ini: Laga Terakhir Pep Guardiola Bersama Barcelona

BACA JUGA

gamespool
Nostalgia Hari Ini: Laga Terakhir Pep Guardiola Bersama Barcelona 4

Football5Star.com, Indonesia – Tepat hari ini, 25 Mei, 9 tahun yang lalu, Pep Guardiola melakoni partai terakhirnya sebagai pelatih Barcelona setelah 4 tahun melatih. Laga terakhirnya sangat dikenang, karena itu terjadi di partai final Copa del Rey.

Pep Guardiola pertama kali memulai karier sebagai pelatih pada tahun 2007 dimana dia melatih Barcelona B. Hanya satu musim, presiden Joan Laporta langsung menaikkannya ke tim utama untuk menggantikan Frank Rijkaard, dan itu adalah keputusan yang sangat tepat.

- Advertisement -

Pada musim pertamanya dia langsung meraih Treble dan trofi selalu mengalir setelah itu. Total, Guardiola meraih 3 gelar La Liga, 2 Copa del Rey, 3 Piala Super Spanyol, 2 Liga Champions, 2 Piala Super Eropa, dan 2 Piala Dunia Antarklub bersama Blaugrana.

pep guardiola lionel messi
Daily Mail

Guardiola memutuskan untuk mengundurkan diri dari kursi pelatih Barcelona beberapa pekan sebelum laga final itu dan dia memutuskan untuk pindah ke Bayern Munich setelah satu musim beristirahat.

Jalannya laga

Barcelona berhadapan dengan Athletic Bilbao di babak final Copa del Rey, 25 Mei 2012, di Stadion Vicente Calderon. Laga baru 20 detik, Lionel Messi sudah punya peluang, tapi tendangannya menyamping dari gawang Gorka Iraizoz.

Dan gol datang pada menit ke-2. Lewat tendangan penjuru, kemelut terjadi di depan gawang dan bola bisa ditendang oleh Pedro masuk ke gawang.

Bilbao terus dibombardir. Pada menit ke-15, Messi melepaskan tembakan melengkung cantik dari sisi kanan, tapi Iraizoz melakukan penyelamatan gemilang.

Nostalgia Hari Ini Laga Terakhir Pep Guardiola Bersama Barcelona
Pinterest

Tapi pada menit ke-20 Messi berhasil mencetak gol dari sudut sempit setelah menerima umpan terobosan dari Andres Iniesta.

Pada menit ke-24, Bilbao kembali kebobolan. Pedro berhasil mencetak gol keduanya pada laga itu setelah mendapat umpan dari Xavi Hernandez.

Barulah setelah kebobolan 3 gol, Bilbao baru bisa beberapa kali membuat peluang lewat Fernando Llorente dan Iker Muniain, tapi Jose Pinto berhasil melakukan beberapa penyelamatan. Babak pertama tetap berakhir 3-0 dan tak berubah sampai akhir laga. Barcelona mengangkat trofi Copa del Rey ke-26 nya dan trofi terakhir bagi Pep Guardiola di Barcelona.

[better-ads type=’banner’ banner=’156434′ ]

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img