Nostalgia Hari Ini: Lahirnya Derbi Terpanas di Italia

BACA JUGA

gamespool
Nostalgia Hari Ini: Lahirnya Derbi Terpanas di Italia 5

Football5Star.com, Indonesia – Pada hari ini, 8 Desember, 91 tahun (1929) yang lalu, untuk pertama kalinya, dua tim asal ibukota Italia berhadapan, Lazio dan AS Roma. Laga ini dinamanakan Derby della Capitale dan disebut-sebut sebagai derbi terpanas di Italia.

Laga itu berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan AS Roma lewat gol dari Rodolfo Volk. Laga itu digelar di Stadion Rondinella, karena Stadion Olimpico baru selesai dibangun pada 1932.

Sejarah Rivalitas

Nostalgia Hari Ini Lahirnya Derbi Terpanas di Italia
The Sun
- Advertisement -

SS Lazio dibentuk pada tahun 1900. Lazio sendiri masih merupakan klub amatir saat itu dan baru masuk ke liga profesional pada 1912. Mereka sama sekali tak pernah meraih kesuksesan. Saat itu (bahkan sampai saat ini) Liga Italia dikuasai oleh tim-tim asal Italia utara, seperti Juve, Milan, Inter, Genoa, Bologna dan Pro Vercelli.

Karena hal itu, pada tahun 1927, Diktator Fasis Italia, Benito Mussolini, meminta dari semua klub dari kota Roma melakukan merger guna untuk melawan kedigdayaan klub-klub dari utara. Roman FC, SS Alba-Audace dan Fortitudo-Pro Roma memutuskan untuk merger, tapi Lazio menolak. Akibatnya dari tiga klub itu, berdirilah klu baru bernama AS Roma dan rivalitas kedua klub sudah terasa saat itu.

Kentalnya unsur politik dan ada di ibukota Italia membuat derbi ini menjadi salah satu derbi terpanas di Eropa. Apalagi dengan tiga tim asal utara yang mendominasi liga (Juve, Milan, Inter), kedua fans baik Lazio dan Roma, lebih mementingkan hasil di laga derbi daripada posisi mereka di klasemen.

- Advertisement -

Salah satu kejadian terburuk terjadi pada Oktober 1979, dimana fans AS Roma melempar flare ke arah fans Lazio dan mengenai mata dari superter Lazio, Vincenzo Paparelli. Itu adalah insiden kekerasaan fatal pertama di sepak bola Italia. Setelah kejadian itu, banyak kejadian fatal yang biasanya akibat adanya kerusuhan yang terjadi.

Rekor

Nostalgia Hari Ini Lahirnya Derbi Terpanas di Italia
ghanasoccer.net

Jika berbicara statistik kemenangan, AS Roma lebih unggul. Sampai artikel ini ditulis, sudah ada 174 laga resmi Derby della Capitale, Lazio menang 46 kali, Roma menang 63 kali, dan 46 kali imbang.

Tapi jika berbicara prestasi, kedua tim relatif seimbang, tapi Lazio lebih berprestasi di kompetisi Eropa. Lazio memenangkan 2 Serie A, 7 Coppa Italia, 5 Piala Super Italia, 1 Serie B, 1 Piala Winners dan 1 Piala UEFA.

Sedangkan Roma memenangkan 3 Serie A, 9 Coppa Italia, 2 Piala Super Italia, dan 1 Serie B. Di kompetisi Eropa, Roma hanya pernah memenangkan Piala Fairs, sebuah kompetisi yang sejatinya tidak diakui UEFA.

Kemenangan terbesar Roma atas Lazio terjadi pada musim 1933-1934 dengan skor 5-0. Sementara kemenangan dengan selisih terbesar bagi Lazio terjadi pada musim 2006-2007 dengan skor 3-0.

Lazio pernah mencatatkan kemenangan terbanyak di laga derbi dalam satu musim. Itu terjadi pada musim 1997-1998, Lazio sukses memenangkan empat laga derby yang terjadi sepanjang musim tersebut (masing-masing dua kali di ajang Serie A dan perempat final Coppa Italia).

Francesco Acerbi yang merupakan bek andalan Lazio menilai Edin Dzeko lebih sulit ditaklukkan ketimbang Cristiano Ronaldo.
forzaroma.info

Francesco Totti tercatat sebagai pemain yang paling sering bermain di Derby della Capitale, 44 laga. Kapten Roma itu juga menjadi topskor di laga itu dengan 11 gol.

Saat ini, Lazio bisa dibilang lebih unggul sedikit dari Roma dalam hal performa. Biancocelesti berhasil masuk ke empat besar musim lalu dan jadi juara Coppa Italia di musim sebelumnya. Sedangkan Roma sudah puasa gelar selama 12 tahun, walaupun berhasil masuk semi-final Liga Champions di musim 2017-18.

[better-ads type=’banner’ banner=’156432′ ]

- Advertisement -
- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img