Nostalgia Hari Ini: Lahirnya Derby Della Madonnina

BACA JUGA

gamespool
Nostalgia Hari Ini: Lahirnya Derby Della Madonnina 5

Football5Star.com, Indonesia – Pada hari ini, 10 Januari, 112 tahun yang lalu, salah satu laga Derbi terbaik sepanjang sejarah sepak bola lahir. Itu adalah Derbi Milan atau yang biasa dikenal sebagai Derby della Madonnina, Inter Milan vs AC Milan.

Semua itu bermula dari adanya perselisihan antara para petinggi Milan Cricket and Football Club atau saat ini dikenal sebagai AC Milan. Ada 44 orang tak menyukai adanya dominasi orang Italia yang ada dalam skuat Milan. Akibatnya ke-44 orang itu berpisah dan membuat klub sendiri bernama FC Internazionale pada 1908.

Nostalgia Hari Ini Lahirnya Derby Della Madonnina (1)
Rivista Contrasti
- Advertisement -

Mereka pertama kali bertemu pada 10 Januari 1909. Laga berakhir untuk kemenangan Milan 3-2. Tapi, persaingan antara kedua klub sebenarnya baru benar-benar panas saat memasuki era 1950-an.

AC Milan tak pernah memenangkan gelar selama 40 tahun sejak Inter lahir dan Nerazzurri sempat berkuasa di era Giuseppe Meazza pada akhir 20-an sampai 30-an. Tapi memasuki era 50-an, Rossoneri bangkit dengan trio Swedianya, Gunnar Nordahl, Nils Liedhom, dan Gunnar Gren. Sedangkan Inter mengandalkan penyerang Hungaria, Istvan Nyers.

Sepanjang era 50-an kedua klub berhasil memenangkan total 6 Scudetto dengan Milan meraih 4 dan Inter meraih 2. Dominasi mereka merambah ke Eropa pada era 60-an. Milan berhasil meraih 2 Scudetto dan 2 European Cup dan Inter dengan La Grande Inter-nya berhasil meraih 3 Scudetto dan 2 European Cup. Persaingan antara kedua tim berlangsung panas setelah era itu sampai saat ini.

Nostalgia Hari Ini Lahirnya Derby Della Madonnina
Magliarossonera

Head to Head dan Prestasi

Tentu saja yang hebat dari Derby Della Madonnina ini adalah peta kekuatan kedua klub yang benar-benar sangat seimbang. Jika melihat Derbi kota lain, peta kekuatan klub biasanya terlalu kuat ke satu klub, sebut saja Turin (Juventus vs Torino), atau Barcelona (Barcelona vs Espanyol). Atau seperti Manchester yang peta kekuatannya baru seimbang akhir-akhir ini.

Kota Milan peta kekuatannya benar-benar seimbang bahkan sejak dulu. Bisa dilihat dari rekor head to head kedua klub. Inter hanya unggul tipis dari Milan. Dari 226 laga sampai saat ini, Inter memenangkan 82 laga, Milan 77 laga, dan imbang 67 laga dari semua kompetisi.

lautaro martinez-inter milan vs ac milan
@inter_en

Begitupun dari segi prestasi. Sampai saat ini kota Milan menjadi satu-satunya kota yang memiliki dua juara Liga Champions. Seperti yang diketahui Milan memiliki 7 gelar sedangkan Inter memiliki 3 gelar. Kedua klub juga memiliki total Scudetto yang sama, 18 gelar.

Saat ini, Juventus sudah menguasai Italia selama 9 tahun. Namun saat ini, Milan dan Inter berada di puncak klasemen dengan Rossoneri berada di posisi pertama dan Nerazzurri pada posisi kedua. Sudah pasti para pecinta sepak bola senang melihat kedua klub itu berjaya dan menguasai Italia lagi. Kita lihat siapa yang akan memenangkan duel pada musim ini.

[better-ads type=’banner’ banner=’156432′ ]

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img