Nostalgia Hari Ini: Liverpool Rajai Eropa 2 Kali Beruntun

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5star.com, Indonesia – Sampai saat ini Liverpool jadi tim Inggris dengan torehan gelar Liga Champions terbanyak. Total sudah enam kali mereka mengangkat Si Kuping Besar.

Terakhir kali The Reds juara ialah dua musim lalu. Saat itu pasukan Juergen Klopp menang 2-0 atas Tottenham Hotspur di stadion Wanda Metropolitano.

- Advertisement -

Jika menarik sejarah, capaian klub asal Merseyside di Eropa tidaklah mengejutkan. Mereka memang salah satu rajanya. Terutama pada medio 1970-an dan 1980-an. Empat kali mereka juara dalam kurun waktu tersebut.

liverpool colorsport
colorsport

Trofi pertama Liga Champions Liverpool didapat pada musim 1976-1977. Hebatnya lagi mereka meneruskan trah juara semusim kemudian.

- Advertisement -

Masih di bawah kendali Bob Paisley, The Reds melenggang ke partai final Liga Champions musim 1977-1978. Perjalanan mereka kali terbilang cukup mulus.

Graeme Souness dkk mendapat bye pada putaran pertama. Lalu mengalahkan wakil Jerman Timur, Dynamo Dresden, di putaran kedua. Setelah itu Benfica dan Borussia Moenchengladbach mereka hancurkan dengan agregat 6-2 dan 4-2.

Musim Perdana Sempurna Kenny Dalglish

- Advertisement -

Di final yang berlangsung pada hari ini 43 tahun silam sudah ada raksasa Belgia, Club Brugge, yang menunggu. Hari itu keuntungan menyertai Kenny Dalglish dkk.

Sebab laga penentu berlangsung di negara sendiri, Inggris. Ya, final kompetisi yang waktu itu masih bernama Piala Champions berlangsung di stadion Wembley, London.

Kendati demikian, bukan perkara mudah untuk The Reds mengalahkan wakil Belgia. Club Brugge memberikan perlawanan sengit.

Mereka membuktikan keberhasilan lolos ke final bukan sebuah kebetulan. Terlebih dalam perjalanannya anak asuh Ernst Happel berhasil menyingkirkan Atletico Madrid dan Juventus.

liverpool - liga champions
pinterest

Gol di Wembley baru tercipta pada babak kedua. Adalah Kenny Dalglish yang mencatatkan namanya di papan skor dengan menerima umpan Graeme Souness.

Gol Dalglish sekaligus membuktikan bahwa Bob Paisley tidak salah membelinya. Ya, itu adalah musim pertama sang raja berseragam The Reds.

Ia digaet dari Glasgow Celtic dengan mahar 440 ribu pounds, angka yang cukup besar kala itu. Pada akhirnya, Kenny Dalglish pula yang memastikan trofi Piala Champions untuk kedua kalinya.

https://youtu.be/czzqekmhL0I
- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img