Nostalgia Hari Ini: Magi Ronaldo di Final Piala Dunia 2002

BACA JUGA

gamespool
Nostalgia Hari Ini: Magi Ronaldo di Final Piala Dunia 2002 4

Football5Star.com, Indonesia – Tepat hari ini, 30 Juni, 19 tahun yang lalu, Ronaldo Nazario berhasil membawa Brasil menjadi juara Piala Dunia untuk yang kelima kalinya. Dia berhasil mencetak brace ke gawang Jerman di final.

Sebelum Piala Dunia dimulai, Ronaldo hanya fokus memulihkan cedera lututnya. Dia bahkan tak bermain di sepanjang kualifikasi. Pada musim 2001-02 bersama Inter, dia bahkan hanya bermain 16 kali dan mencetak 7 gol. Namun pelatih Luis Felipe Scolari tetap percaya kepadanya dan memanggilnya ke dalam skuat, dan keputusan itu terbukti sangat jitu.

- Advertisement -

Brasil berhasil melibas habis seluruh laga dari babak grup sampai semifinal dengan kemenangan dan Ronaldo berhasil mencetak 6 gol. Selecao berhadapan dengan Jerman di stadion Internasional Yokohama, 30 Juni 2002.

Nostalgia Hari Ini Magis Ronaldo di Final Piala Dunia 2002
@brfootball

Jalannya Pertandingan

Ronaldo memulai laga dengan buruk setelah dia gagal memasukkan bola saat hanya berhadapan satu lawan satu dengan Oliver Kahn pada menit ke-19.

Dia kembali gagal mencetak gol pada menit ke-30 setelah kembali mendapatkan umpan dari Ronaldinho. Kali ini tendangannya mengarah ke arah gawang, tapi bisa diamankan Kahn.

Il Fenomeno dapat peluang ketiga tepat di penghujung babak pertama. Dia menerima umpan dari Roberto Carlos dan melepaskan tembakan dengan kaki kanannya, tapi tepat mengarah ke pelukan Kahn.

Jerman baru mendapat peluang bagus pada babak kedua. Jens Jeremies berhasil menanduk bola, tapi sundulannya berhasil diblok oleh Edmilson di depan gawang. Lalu pada menit ke-50. Oliver Neuville melepaskan tembakan keras dari tendangan bebas jarak jauh, tapi kiper Marcos berhasil menepisnya.

Nostalgia Hari Ini Magis Ronaldo di Final Piala Dunia 2002
The Guardian

Selecao akhirnya bisa mencetak gol pada menit ke-67. Ronaldo berhasil merebut bola dari Dieter Hamann dan memberi umpan ke Rivaldo. Dia lalu melepaskan tembakan keras yang tak bisa ditangkap sempurna oleh Kahn. Ronaldo yang masuk ke kotak penalti berhasil menyontek bola masuk ke gawang.

Gol kedua datang pada menit ke-79. Kleberson melakukan penetrasi dari sisi kanan dan memberi umpan ke Rivaldo di tengah. Rivaldo lalu membiarkan bola mengalir dan Ronaldo yang berada di belakangnya langsung melepaskan tembakan terukur ke sisi kiri gawang Kahn. Brasil menang dengan skor 2-0 dan Ronaldo berhasil menjadi top skorer kompetisi dengan 8 gol.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img