Nostalgia Hari Ini: Malaysia Beri Mimpi Buruk Timnas Indonesia

BACA JUGA

Banner Baru Gamespool

Football5Star.com, Indonesia – 1 Desember 2012, menjadi hari kelabu bagi timnas Indonesia yang diberi mimpi buruk oleh Malaysia dalam ajang Piala AFF. Sebab, saat itu mereka harus kubur impian ke semifinal usai dipermalukan Harimau Malaya.

- Advertisement -

Memang, 2012 menjadi salah satu tahun terburuk sepak bola Indonesia. Kisruh yang terjadi dalam tubuh PSSI hingga munculnya dualisme liga membuat timnas yang jadi korbannya. Saat itu, timnas terbelenggu lantaran sulit memanggil para pemain terbaiknya yang berkompetisi di ISL.

Memulai turnamen, Indonesia hanya bermain imbang 2-2 lawan Laos. Asa skuat Garuda saat itu terbuka saat menang 1-0 atas Singapura dalam laga kedua Grup B. Nah, nasib timnas Indonesia lantas bergantung kepada Malaysia. Mereka hanya butuh hasil imbang untuk pastikan tiket semifinal.

Nostalgia Hari Ini: Malaysia Beri Mimpi Buruk Timnas Indonesia
Dok. Antara
- Advertisement -

Akan tetapi, pada pertandingan 1 Desember 2012 di Stadion Bukit Jalil, Indonesia justru tampil tak sesuai harapan. Timnas Indonesia yang dikomandoi oleh Nilmaizar saat itu sudah tertinggal 0-2 dari Malaysia di paruh pertama.

Gol pertama Malaysia tercipta pada menit ke-27 melalui Azamuddin yang memanfaatkan umpan Mahadi Jasuli. Tinga menit kemudian,gantian Jasuli yang membobol jala Wahyu Tri.

Nostalgia Hari Ini: Malaysia Beri Mimpi Buruk Timnas Indonesia
Dok. Antara
- Advertisement -

Paruh kedua, skuat Garuda tampak lebih baik seiring masuknya sejumlah nama, seperti Tonnie Cusell. Namuun, hingga wasit Valentin Kovalenko meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir tak ada lagi gol yang tercipta. Indonesia pun harus tersingkir, sementara Malaysia lolos dengan status runner up Grup B.

Catatan Terburuk Timnas Indonesia

Tak lolosnya timnas Indonesia itu menjadi salah satu catatan terburuk di Piala AFF. Tak lolos dari fase grup sebenarnya saat itu jadi kali kedua buat skuat Garuda setelah edisi 2007.

Nostalgia Hari Ini: Malaysia Beri Mimpi Buruk Timnas Indonesia
Dok. Antara

Kendati demikian, pada 2007 Indonesia tak lolos tapi tak kalah di fase grup dengan poin 5. Sedangkan, gelaran 2012, Indonesia tak lolos dengan catatan poin terendah, yakni empat saja.

Sayangnya, torehan serupa jua dicatatkan oleh Indonesia pada 2014. Sama, Indonesia saat itu jua tak lolos dari fase grup dengan poin empat hasil sekali menang, sekali imbang, dan satu kalah.

Susunan Pemain:

Malaysia: Marlias; Jasuli, Zubir, Aidil, Safiq, Norshahrul (Rohidan 67’), Safee, Azamuddin (Ahmad Fakri 65’), Shakir Shaari (Gary Robbat 40’), Wan Zack, Fadhli Shas.

Indonesia: Wahyu Tri; Maitimo, Novan Setya, Nopendi, Fachruddin; Taufiq, Elie Aiboy (Andik Vermansah 35 ‘), Vendry Mofu, Okto Maniani (Tonnie Cusell 58’), Irfan Bachdim, Samsul Arif (Van Beukering 63‘).

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img