Nostalgia Hari Ini: Malaysia Berpesta di Gelora Bung Karno

BACA JUGA

Football5Star.com, Indonesia – Tepat hari ini, 29 Desember, 11 tahun yang lalu, publik Indonesia tertunduk lesu karena harus melihat Timnas Indonesia gagal menjadi juara Piala AFF 2010. Malaysia berhasil mengalahkan Indonesia dengan aggregat 4-2 di babak final.

Piala AFF 2010 merupakan peluang terbaik yang dimiliki Indonesia untuk bisa meraih juara untuk pertama kalinya.

- Advertisement -
Nostalgia Hari Ini Malaysia Berpesta di Gelora Bung Karno (Goal)
Goal

Bagaimana tidak, tim Garuda yang saat itu diperkuat beberapa pemain naturalisasi seperti Cristian Gonzales dan Irfan Bachdim berhasil melibas seluruh laga dari babak grup sampai semifinal dengan kemenangan.

Mereka pun akan bertemu Malaysia di babak final, yang mana sebelumnya mereka kalahkan 5-1 di babak grup, namun sayang yang terjadi justru kekalahan.

- Advertisement -

Perjalanan Malaysia dan Indonesia Sampai ke Final

Harimau Malaya bahkan butuh bantuan Indonesia untuk lolos dari babak grup. Seperti yang diketahui, mereka harus takluk 5-1 melawan Indonesia dan hanya bisa bermain imbang 0-0 melawan Thailand di laga kedua.

Pada laga ketiga, Malaysia harus menang melawan Laos dan berharap Thailand gagal menang melawan Indonesia yang saat itu sudah dipastikan juara grup, dan tim Garuda berhasil mengalahkan Thailand 2-1 dan membuat Malaysia lolos dengan membantai Laos 6-1.

- Advertisement -

Pada babak semifinal, Malaysia mengalahkan Vietnam dengan aggregat 2-0 dan Indonesia mengalahkan Filipina dengan aggregat yang sama. Keduanya kembali bertemu pada babak final yang diadakan dua leg.

Nostalgia Hari Ini Malaysia Berpesta di Gelora Bung Karno (TheStar.com)
TheStar.com

Babak Final

Indonesia datang ke leg pertama di Bukit Jalil dengan kepercayaan tinggi. Namun mereka justru dibantai dengan skor 3-0 lewat dua gol Safee Sali dan Ashari Samsudin.

Namun publik Indonesia tetap memiliki optimisme tinggi di leg kedua, 29 Desember 2010, mengingat pasukan Alfred Riedl membantai Malaysia 5-1 di Gelora Bung Karno pada babak grup.

Harapan sempat ada ketika Mohd Sabre melakukan handball di kotak penalti pada babak pertama. Namun Firman Utina gagal mengeksekusi penalti.

Indonesia benar-benar frustrasi sepanjang laga dan malah kebobolan lewat serangan balik yang dituntaskan Safee Sali pada menit ke-54.

Tim Garuda harus mencetak 5 gol untuk meraih kemenangan, dan mereka hanya mampu membalas dua gol lewat Mohammad Nasuha dan Muhammad Ridwan. Laga berakhir dengan kemenangan Indonesia 2-1, namun kalah secara aggregat 4-2.

Malaysia berpesta di Gelora Bung Karno dan berhasil menjadi juara Piala AFF untuk pertama kalinya dalam sejarah.

YouTube video
- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img