Nostalgia Hari Ini: Michel Platini Bawa Prancis Raih Gelar Perdana

BACA JUGA

Prediksi: Vietnam vs Thailand

Prediksi: Malaysia vs Indonesia

Prediksi: Thailand vs Indonesia

Prediksi: Vietnam vs Malaysia

Gamespool new banner 2

Football5star.com, Indonesia – Michel Platini mengantarkan Prancis meraih gelar perdana di kompetisi EURO. Gelar perdana ini dipersembahkan Michel Platini di ajang EURO 1984. Hari ini, 27 Juni, 37 tahun lalu, Prancis kalahkan Spanyol di final EURO 1984.

Prancis pada EURO 1984 merupakan tuan rumah. Sebelum Prancis ditetapkan menjadi tuan rumah, Jerman Barat pun mencalonkan diri sebagai tuan rumah. Namun pada pertemuan Komite Eksekutif UEFA pada 10 Desember 1981, Prancis ditetapkan sebagai tuan rumah EURO 1984 dengan suara bulat.

Nostalgia Hari Ini: Michel Platini Bawa Prancis Raih Gelar Perdana
- Advertisement -

EURO 1984 jadi kompetisi pertama Prancis setelah absen di lima perhelatan EURO. Pada edisi pertama EURO 1960, Prancis menduduki peringkat keempat. Setelah itu, tim Ayam Jantan absen di EURO 1964, 1968, 1972, 1976 dan 1980 di Italia.

Sebagai tuan rumah, Prancis pun memiliki modal cukup baik setelah di Piala Dunia 1982 di Spanyol menjadi peringkat empat. Tim Prancis saat itu diisi sejumlah pemain terbaik, utamanya di sektor tengah. Di sana, ada nama Luis Fernández, Jean Tigana hingga sang kapten, Michel Platini.

- Advertisement -

Platini jadi andalan untuk pelatih Michel Hidalgo di lini depan Prancis di perhelatan EURO 1984. Beban untuk jadi pemain andalan bisa dibayar lunas oleh Platini dengan torehan gol.

Pada babak fase grup saja, Platini mampu menorehkan 7 gol. Saat itu Prancis tergabung di grup 1 bersama Denmark, Belgia dan Yugoslavia. Gol perdana Platini dicetaknya saat Prancis menang 1-0 atas Denmark di laga pertama grup 1 EURO 1984 yang berlangsung pada 12 Juni 1984 di Parc des Princes, Paris.

- Advertisement -

Platini mengamuk pada partai kedua melawan Belgia. Ia mencetak hat-trick dan mengantarkan tim Ayam Janta menang 5-0. Dua gol Prancis lainnya dicetak oleh Alain Giresse dan Luis Fernández.

Tapi itu bukan hat-trick pertama Platini pada ajang ini. Tiga hari setelah mengalahkan Belgia, Platini kembali mencetak hat-trick pada laga terakhir melawan Yugoslavia pada 19 Juni 1984 di Stade Geoffroy-Guichard, Saint-Étienne.

Platini Semakin Tak Terkejar

Prancis lolos ke babak semifinal dan harus berhadapan dengan Portugal. Pada laga ini, Michel Platini menjadi pahlawan setelah golnya di menit ke-119 membawa Prancis menang 3-2 atas Portugal. Platini pun saat itu semakin tak terkejar menduduki daftar top scocer EURO 1984.

Di partai final, Spanyol siap melawan Prancis. Pertandingan berlangsung di Parc des Princes, Paris. Spanyol cukup merepotkan bagi pertahanan Prancis. Pelatih Spanyol saat itu, Miguel Muñoz mencoba untuk bisa meredam agresivitas Platini.

Nostalgia Hari Ini: Michel Platini Bawa Prancis Raih Gelar Perdana

Di lini belakang, Munoz menempatkan Ricardo Gallego dan Salva di jantung pertahanan serta full back Santiago Urquiaga di sisi kanan dan José Antonio Camacho di sisi kiri. Taktik ini berbukti ampuh dengan Urquiaga beberapa kali mengirimkan umpan crossing yang membahayakan lini belakang Prancis.

Pada babak pertama, Spanyol mampu membuat lini depan Prancis tak berkutik. Petaka untuk tim Matador datang pada babak kedua, menit ke-53, Platini mencetak gol pembuka Prancis. Sekaligus membawa namanya menjadi top scorer EURO 1984 dengan torehan 9 gol.

Gol Platini ini meruntukan mental pemain Spanyol. Hingga akhirnya di masa injury time babak kedua, umpan Jean Tigana disambut dengan tendangan chip Bruno Bellone dan membuat Prancis mengunci gelar pertamanya di kompetisi EURO.

“Ini adalah gelar pertama yang dimenangkan oleh Prancis sebagai tim. Jadi ini adalah momen luar biasa untuk sepak bola Prancis dan olahraga Prancis secara keseluruhan,” ucap Michel Platini usai pertandingan.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img