Nostalgia Hari Ini: Non-Flying Dutchman Dennis Bergkamp Gabung Arsenal

BACA JUGA

Football5star.com, Indonesia – Tanggal 20 Juni 1995 jadi salah satu hari penting dalam sejarah Arsenal. Pada hari tersebut, salah satu pemain terbaik dalam sejarah The Gunners, Dennis Bergkamp, resmi merapat ke London Utara.

Musim pertama di Arsenal, Bergkamp mencatat 11 gol dari 33 penampilan. Jerih payah dia membantu menempatkan The Gunners di peringkat kelima dalam klasemen Liga Primer Inggris.

- Advertisement -

Aksi Bergkamp saat mencetak gol selalu membelalakkan mata. Kebolehannya dalam memberi umpan bisa membikin rahang terganga-nganga. Visi brilian plus skill ciamik juga membuat fans The Gunners makin jatuh hati kepadanya.

Nostalgia Hari Ini: Non-Flying Dutchman Dennis Bergkamp Gabung Arsenal
arsenal.com

Total 11 musim Bergkamp habiskan masa di Arsenal. Sebanyak 87 gol dicetak dari 315 penampilan.

- Advertisement -

Berbagai gelar juara dan penghargaan pun berhasil ia raih. Pencetak gol terbaik Liga Primer Inggris pada 1997/1998 dan 2001/2002 tersebut sukses mengantarkan Arsenal meraih tiga gelar juara Liga Primer Inggris pada 1997/1998, 2001/2002, dan 2003/2004.

Atas jasanya di Arsenal, ia dibuatkan patung di luar Stadion Emirates. Patung perunggu tersebut pertama kali diperkenalkan pada 2014.

Nostalgia Hari Ini: Non-Flying Dutchman Dennis Bergkamp Gabung Arsenal
arsenal.com
- Advertisement -

Dennis Bergkamp, menurut mantan kiper Arsenal, Rami Shaaban, punya andil penting bagi capaian Arsenal. Terutama pada musim 2003/2004, di mana Arsenal tampil sempurna: menjadi juara dan tidak terkalahkan dalam semusim penuh.

“Kami juga punya Dennis Bergkamp, pemain paling cerdas yang pernah saya temui. Saya tidak yakin Thierry Henry akan menjadi pemain seperti dulu jika kami tidak memiliki Dennis di dalam tim,” kata Shaaban.

“Saat Dennis berada di lapangan, dia melihat apa yang orang-orang tak lihat. Operannnya, semuanya, ia benar-benar seorang pesulap,” tambah Rami Shaaban.

Takut Naik Pesawat

Nostalgia Hari Ini: Non-Flying Dutchman Dennis Bergkamp Gabung Arsenal
Getty Images

Bergkamp yang begitu menakutkan di kotak penalti lawan ternyata memiliki aviophobia yaitu ketakutan untuk naik pesawat terbang. Bahkan ketakutannya ini didapat ketika ia sudah tumbuh dewasa. Gara-gara hal ini, ia dijuluki Non Flying Dutchman.

Dalam bukunya “Stillness and Speed” Bergkamp mengisahkan awal mula rasa takutnya muncul ketika berada di pesawat terbang. Saat itu, ia masih berusia muda dan memperkuat Ajax Amsterdam. Pesawat yang ia tumpangi tersebut kemudian melintasi Gunung Etna di kawasan Catania, Italia. Pesawat kemudian masuk dalam gumpalan awan yang membuat Bergkamp tidak bisa melihat apa pun. Guncangan yang kuat membuat tubuhnya gemetar.

“Saya tahu terbang seperti apa. Saya sudah berkali-kali merasakannya di pesawat besar, kecil, atau yang lebih kecil lagi. Bersama Ajax, saya pernah terbang dengan pesawat kecil di atas Gunung Etna dekat Napoli dan ketika masuk ke sebuah kantong udara, segalanya menjadi mengerikan. Saya telah melihat semuanya dalam hal terbang, dan saya tidak mau terbang lagi,” kata Bergkamp.

https://youtu.be/czzqekmhL0I
- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img