Nostalgia Hari Ini: Pele Perkenalkan Diri ke Dunia

BACA JUGA

gamespool
Nostalgia Hari Ini: Pele Perkenalkan Diri ke Dunia 4

Football5Star.com, Indonesia – Tepat hari ini, 19 Juni, 63 tahun yang lalu, seorang remaja 17 tahun asal Brasil berhasil mencetak gol di Piala Dunia 1958. Remaja itu adalah Edson Arantes do Nascimento, atau yang biasa dikenal dengan nama Pele.

Pele sebenarnya sudah menjadi sensasi di Brasil ketika dia mencetak gol di debutnya bersama timnas Brasil pada 1957 melawan Argentina. Saat itu, Pele berusia 16 tahun. Namun, dunia baru mengenalnya saat di Piala Dunia 1958 di Swedia.

- Advertisement -

Pemain Santos itu datang ke Swedia dalam keadaan cedera lutut. Dia baru bermain di laga ketiga babak grup melawan Uni Soviet. Di laga itu, Pele menjadi pemain termuda dalam sejarah Piala Dunia sebelum akhirnya dkalahkan rekornya oleh Norman Whiteside dari Irlandia Utara pada Piala Dunia 1982. Pele gagal cetak gol, namun dia memberi assist kepada gol kedua Vava.

Nostalgia Hari Ini Pele Perkenalkan Diri ke Dunia
World Football Index

Menggila di Fase Gugur

Brasil bertemu Wales di perempat final di stadion Ullevi, 19 Juni 1958. Selecao kesulitan untuk membongkar Wales yang merupakan tim kuda hitam. Namun pada menit ke-66, Pele berhasil merangsek masuk ke kotak penalti dan berhasil memasukkan bola ke gawang. Brasil menang 1-0.

- Advertisement -

Dia menjadi pencetak gol termuda sepanjang sejarah Piala Dunia, 17 tahun, 239 hari dan rekor ini masih bertahan sampai sekarang. Setelah gol ini, Pele menggila sepanjang kompetisi.

Pada babak semifinal, Brasil bertemu Prancis yang diperkuat Just Fontaine dan Raymon Kopa. Brasil secara luar biasa menang dengan skor telak 5-2, dan Pele mencetak hat-trick pada menit ke-52′, 64′, dan 75′.

Nostalgia Hari Ini Pele Perkenalkan Diri ke Dunia
@GettySport
- Advertisement -

Dengan begitu, Pele bukan hanya menjadi pencetak gol termuda, tapi dia juga menjadi pencetak hat-trick termuda di Piala Dunia, 17 tahun 244 hari. Rekor ini masih bertahan sampai sekarang.

Brasil melaju ke final dan akan melawan tim tuan rumah, Swedia. Pele kembali beringas dengan mencetak brace. Gol pertamanya merupakan salah satu gol ikonik di Piala Dunia. Dia berhasil mengontrol bola di kotak penalti dan melewati bek kelas dunia, Julle Gustavsson dengan mudah lalu melepaskan tembakan voli ke gawang Rio-Kalle. Selecao berhasil menang dengan skor yang sama seperti di semifinal, 5-2.

Pele menjadi pencetak gol termuda di final Piala Dunia 1958 dan membawa timnya meraih gelar itu untuk pertama kalinya. Total, Pele mencetak 6 gol di Piala Dunia 1958, hanya kalah dari Just Fontaine dan berhasil masuk kedalam All-Star Team.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img