Nostalgia Hari Ini: Rumania Buat Inggris Keluar Lebih Cepat di Euro 2000

BACA JUGA

gamespool
Nostalgia Hari Ini: Rumania Buat Inggris Keluar Lebih Cepat di Euro 2000 3

Football5Star.com, Indonesia – Pada hari ini, 20 Juni, 21 tahun, yang lalu, Rumania secara mengejutkan bisa mengalahkan Inggris di Euro 2000 dan membuat Three Lions tersingkir dari babak grup. Padahal Inggris saat itu diisi oleh pemain-pemain bintang dan pada edisi sebelumnya, mereka bisa melaju sampai semifinal.

Grup A Euro 2000 merupakan grup neraka yang diisi oleh Portugal, Inggris, Jerman dan Rumania. Sebelum laga terakhir, Portugal dipastikan lolos setelah berhasil mendapatkan dua kemenangan. The Three Lions berada di posisi kedua dengan 3 poin, Rumania dan Jerman mendapatkan satu poin.

Nostalgia Hari Ini Rumania Buat Inggris Keluar Lebih Cepat di Euro 2000
The Guardian
- Advertisement -

Inggris secara tradisional kesulitan di Euro, lolos dari babak grup hanya dua kali dari tahun 1964 hingga 1996 (dan gagal lolos ke empat turnamen tersebut). Tetapi mereka berhasil mencapai semi final pada tahun 1996 sebelum kalah adu penalti dari Jerman dan berusaha memperbaiki penampilan itu pada tahun 2000.

Meskipun mereka kalah dalam pertandingan penyisihan grup pembuka mereka dari Portugal, Inggris bisa mengalahkan Jerman dan hanya membutuhkan hasil imbang melawan Rumania untuk maju ke perempat final.

- Advertisement -

The Three Lions diisi oleh pemain-pemain bintang, sebut saja David Beckham, Paul Scholes, duo Gary dan Phil Neville, Paul Ince, Alan Shearer dan Michael Owen.

Sementara itu, Rumania masih mengandalkan legenda mereka, Gheorge Hagi yang sudah berusia 35 tahun dan bek Chelsea, Dan Petrescu. Tapu mereka punya dua pemain muda potensial, Adrian Mutu dan Christian Chivu.

Jalannya Laga

- Advertisement -

Pada laga terakhir, 20 Juni 2000, Bermain di depan 30 ribu penonton di Stade du Pays de Charleroi, Rumania memimpin dengan gol menit ke-22 dari bek Cristian Chivu, yang umpan silangnya gagal mencapai sasaran dan malah menemukan sudut atas gawang.

Namun Inggris mencetak dua gol sebelum turun minum, pertama setelah pelanggaran Chivu terhadap Paul Ince menghasilkan tendangan penalti Alan Shearer (41′), kemudian ketika Michael Owen mencetak gol empat menit kemudian.

Gelandang Dorinal Munteanu menyamakan kedudukan tiga menit setelah restart dan Inggris tampak puas bermain untuk hasil imbang.

Namun, pada menit ke-89, striker Rumania Viorel Moldovan masuk ke kotak penalti dan dijatuhkan oleh bek kiri Phil Neville. Wasit memberikan penalti dan pemain pengganti Ioan Ganea mengonversinya dengan mudah. Tendangan itu mengirim Inggris pulang dan membawa Rumania lolos ke perempat final.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img