Nostalgia Hari Ini: Sir Stanley Matthews Sabet Ballon d’Or Pertama

BACA JUGA

Football5star.com, Indonesia – Ballon d’Or dianggap menjadi penghargaan paling bergengsi untuk insan sepak bola. Meski acapkali hadirkan kontroversi seperti yang terjadi tahun ini, Ballon d’Or jadi idaman para pelaku sepak bola.

Penghargaan Ballon d’Or sendiri sudah berlangsung cukup lama. Awal kemunculannya, penghargaan ini ditujukan untuk pemain Eropa saja. Penganugerahan Ballon d’Or untuk kali pertama terjadi pada 18 Desember 1956 atau tepat 65 tahun lalu.

Nostalgia Hari Ini: Sir Stanley Matthews Sabet Ballon d'Or Pertama
- Advertisement -

Gagasan Ballon d’Or berasal dari ide mantan pemain dan juga pewarta asal Prancis, Gabriel Hanot bersama rekannya, Jacques Ferran. Di tahun 1956, gagasan dari keduanya kemudian berlangsung.

Awalnya dibuat 30 nama pesepak bola yang akan bersaing untuk mendapatkan bola emas. Nominasi disusun oleh tim editorial France Football, media terkemuka di Eropa yang juga menjadi tempat Hanot dan Ferran mencari nafkah.

- Advertisement -

Pada penghargaan pertama terdapat 16 voters yang didaulat menjadi juri, mereka berasal dari Austria, Belgia, Cekoslowakia, Inggris, Prancis, Hungaria, Italia, Belanda, Portugal, Skotlandia, Spanyol, Swedia, Swiss, Turki, Jerman Barat dan Yugoslavia.

Sedangkan untuk kandidat Ballon d’Or pertama berasal dari sejumlah liga di Eropa, mulai dari Ligue 1, Serie A, Liga Inggris, Liga Spanyol, Liga Cekoslowakia, Liga Bulgaria, hingga Liga Hungaria, namun minus Eredivisie.

Nostalgia Hari Ini: Sir Stanley Matthews Sabet Ballon d'Or Pertama
- Advertisement -

Dua nama saat itu menjadi kandidat bisa menjadi juara yakni Alfredo Di Stéfano dan Raymond Kopa dari Real Madrid. Selain itu Ferenc Puskas yang saat itu masih membela Honved dari Liga Hungaria juga menjadi salah satu kandidat untuk bisa meraih Ballon d’Or. Ada juga nama kiper Lev Yashin.

Ballon d’Or Pertama Diraih oleh Sir Stanley Matthews

Di penghargaan Ballon d’Or pertama bukan Di Stefano atau Kopa yang akhirnya meraih penghargaan bola emas itu. Ialah striker milik Blackpool, Stanley Matthews yang akhirnya meraih gelar Ballon d’Or pertama.

Dari votes yang diberikan, Stanley Matthews mendapat total 47 poin, unggul 3 poin dari Di Stefano yang berada di peringkat kedua. Di tempat ketiga ada Kopa yang meraih 33 poin. Di bawahnya ada Puskas dengan 32 poin, lalu Lev Yashin di tempat kelima dengan 19 poin.

Stanley Matthews memulai karier profesionalnya pada 1932 bersama Stoke City hingga 1947. Di masa baktinya bersama Stoke City, ia memainkan 259 caps dan mencetak 51 gol. Bermain bersama Stoke, ia mempersembahkan gelar juara divisi kedua Liga Inggris pada periode 1932-33.

Nostalgia Hari Ini: Sir Stanley Matthews Sabet Ballon d'Or Pertama

Sebagai seorang striker, Stanly Matthews banyak dianggap sebagai sosok besar di lapangan sepak bola. Yang menarik dari kariernya bermain sepak bola ialah Stanley tidak pernah mendapat kartu kuning dan merah.

Legenda sepak bola Brasil, Pele sempat menyanjung Stanley sebagai sosok yang mengajari dirinya dan semua pemain lain bermain sepak bola.

“Matthews mengajari kita cara bermain sepakbola,” kata Pele. Salah satu keahliannya di lapangan hijau ialah cara menggirng bola. Dribble ialah keahlian Stanly sebagai seorang pemain.

Selain itu, pada 15 Mei 1957 Matthews menorehkan rekor sebagai pemain tertua Tim Nasional Inggris, 42 tahun 103 hari. Pertandingan terakhirnya sebagai pemain profesional ia jalani pada usia 50 tahun 5 hari

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img