Nostalgia Hari Ini: Sundulan Messi Bawa Barcelona Raih Treble Pertama

BACA JUGA

gamespool
Nostalgia Hari Ini: Sundulan Messi Bawa Barcelona Raih Treble Pertama 3

Football5Star.com, Indonesia – Tepat hari ini, 27 Mei, 12 tahun yang lalu, Barcelona berhasil meraih gelar Liga Champions dan membuat mereka treble winner. Momen ikonik pada laga final melawan Manchester United itu adalah saat Lionel Messi berhasil mencetak gol lewat sundulan kepala.

Musim 2008-09 merupakan musim pertama Pep Guardiola menjadi pelatih setelah dia sebelumnya melatih Barcelona B. Namun pada musim pertamanya dia sudah bisa membawa Barcelona meraih tiga gelar, La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions.

- Advertisement -

Barca meraih gelar Copa del Rey terlebih dahulu pada 13 Mei 2009 setelah mengalahkan Athletic Bilbao 4-1. Pada 16 Mei 2009, Blaugrana dipastikan menjadi juara La Liga setelah Real Madrid kalah 3-2 melawan Villarreal. Barulah mereka mengincar trofi terakhir pada 27 Mei 2009. Final Liga Champions melawan Manchester United yang saat itu berstatus juara bertahan.

Nostalgia Hari Ini Sundulan Messi Bawa Barcelona Raih Treble Pertama (Bleacher Report)

Jalannya Pertandingan

Bermain di Stadion Olimpico Roma. United lebih dahulu punya peluang lewat tendangan bebas Cristiano Ronaldo. Tapi Victor Valdes berhasil menepis tendangan.

Namun Barca unggul terlebih dahulu. Pada menit ke-10, Andres Iniesta berhasil memberi umpan ke Samuel Eto’o yang berada di sisi kanan. Dia lalu dengan cerdik melewati Nemanja Vidic dan menyontek bola masuk ke gawang Edwin van der Sar.

Setelah gol pertama terjadi, laga berjalan alot. Kedua tim hanya punya peluang dari tendangan jarak jauh Ronaldo dan Lionel Messi yang kedua-duanya melebar.

Pada babak kedua, Barca mendapat peluang yang hampir sama dengan gol pertama, namun kali ini dari sisi kiri. Thierry Henry berhasil mengelabui Rio Ferdinand dan menyontek bola, tapi van der Sar kini sigap menepis bola. Lalu Xavi Hernandez punya peluang lewat tendangan bebas jarak dekat. Tapi membentur tiang kanan gawang.

Sir Alex Ferguson memasukkan Carlos Tevez di babak kedua dan Dimitar Berbatov pada menit ke-66 dan membuat United bermain total menyerang dengan empat pemain bersama Ronaldo dan Wayne Rooney. Namun hal itu justru jadi bumerang bagi mereka.

Pada menit ke-70. Xavi dengan cantik memberi umpan lambung ke Lionel Messi yang sama sekali tidak dijaga. Dengan tinggi hanya 170 cm, La Pulga bisa dengan leluasa menyundul bola masuk ke gawang van der Sar.

Manchester United sama sekali tak menciptakan peluang bagus setelah kebobolan 2 gol. Laga akhirnya berakhir dan Barcelona berhasil meraih gelar Liga Champons ketiganya dan menjadi klub Eropa ke-5 dalam sejarah yang bisa meraih continental treble.

[better-ads type=’banner’ banner=’156436′ ]

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img