Nostalgia Hari Ini: Timnas Indonesia Bantai 9-2 Rival ASEAN

BACA JUGA

Banner Baru Gamespool

Football5Star.com, Indonesia – Hari ini, 1999 silam timnas Indonesia kembali menunjukkan keperkasaannya saat meladeni rival di Asia Tenggara, Kamboja. Sebab, pada 20 November 1999 silam, Indonesia pernah menang telak, 9-2 atas Kamboja.

- Advertisement -

Kemenangan besar iu terjadi saat Indonesia mentas di Kualifikasi Piala Asia 2000. Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), skuat Garuda memang langsung tancap gas sejak peluit pertama ditiupkan.

Dikutip dari 11v11, Indonesia sudah unggul cepat saat laga baru berusia dua menit melalui Rochy Putiray. Kamboja sempat membalas melalui Hok Sochetra menit ke-13. Namun, tak butuh waktu lama, skuat Garuda kembali unggul melalui Eko Purdjianto menit ke-15.

Nostalgia Hari Ini: Timnas Indonesia Bantai 9-2 Rival ASEAN

Bahkan, pada paruh pertama Indonesia sudah unggul 5-1 atas Kamboja. Setelah Eko cetak gol, Imran Nahumarury, Uston Nawari, dan gol kedua Rochy Putiray secara silih berganti menjebol gawang Kamboja kala itu.

- Advertisement -

Paruh kedua, Bambang Pamungkas kian bikin timnas Indonesia menjauh lewat golnya menit ke-53. Hok Sochetra sempat memperkecil kedudukan menjadi 6-2. Namun gol kedua Bepe, Widodo C Putra, sampai Rochy yang genapkan hat-trick dalam laga itu melengkapoi kemenangan 9-2 Indonesia atas Kamboja.

Nostalgia Hari Ini: Timnas Indonesia Bantai 9-2 Rival ASEAN
Dok Reuters
- Advertisement -

Kemenangan itu membawa skuat Garuda lantas lolos Piala Asia 2000. Gabung di Grup 7, Indonesia nyaris sempurna saat meladeni Kamboja dan Hong Kong. Mereka memenangi tiga dari empat laga dengan cetak 18 gol dan cuma kejebolan lima saja. Satu laga lainnya berakhir imbang 1-1 saat lawan Hong Kong.

Timnas Indonesia Memang Hobi Bantai Kamboja

Dalam sejarahnya, skuat Garuda memang beberapa kali menang besar atas Kamboja. Sebelum pertemuan 1999, Indonesia pernah dua kali menang atas lawannya itu dengan skor yang sangat mencolok.

Nostalgia Hari Ini: Timnas Indonesia Bantai 9-2 Rival ASEAN
AFP

Pertama, Indonesia pernah menang 10-0 atas Kamboja di SEA Games pada 6 Desember 1995. Lalu dua tahun kemudian, Indonesia menang 8-0 atas Kamboja di Kualifikasi Piala Dunia 1998.

Pada era 2000-an pun Indonesia beberapa kali hantam Kamboja mulai dari 6-0 pada 2001, 8-0 di Piala AFF 2004, 7-0 dalam uji coba 2008, hingga 6-0 di SEA Games 2011. Pertemuan teranyar timnas Indonesia lawan Kamboja terjadi di SEA Games 2017 saat menang 2-0 via gol Ezra Wallian dan Febri Hariyadi.

- Advertisement -
- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img