Nostalgia Hari Ini: Timnas Indonesia Hantam Salah Satu Negara Eropa

BACA JUGA

Nostalgia Hari Ini: Timnas Indonesia Hantam Salah Satu Negara Eropa 2

Football5Star.com, Indonesia – Timnas Indonesia pernah meraih kemenangan melawan salah satu negara Eropa pada 27 Maret 2014 silam. Dialah Andorra yang berhasil ditaklukkan oleh timnas senior di StadionLuis Suner Pico, Alzira, Spanyol.

Seperti diketahui, saat itu Timnas Indonesia di bawah arahan Alfred Riedl sedang melakoni pemusatan latihan (TC) di Spanyol. TC tersebut merupakan salah satu rangkaian persiapan timnas menuuju Piala AFF 2014 yang diadakan di Singapura dan Vietnam.

- Advertisement -

Andorra menjadi salah satu lawan timnas kala itu. Selain Andorra, skuat Garuda kala itu berkesempatan menantang Kuba dan klub LaLiga, Elche. Nah, kala melawan Andorra, timnas sukses meraih kemenangan 1-0 berkat gol semata wayang Raphael Maitimo.

Timnas yang kala itu diperkuat nama-nama seperti Greg Nwokolo, Rizky Pelu, Zulham Zamrun, hingga Firman Utina memang diunggulkan atas Andorra. Saat itu, Timnas Indonesia berada di urutan 150-an peringkat dunia versi FIFA, sedangkan Andorra peringkat 190-an.

- Advertisement -

Namun demikian, timnas nyatanya mendapatkan perlawanan sengit dari Andorra. Bahkan, gawang Andritany Ardhiyasa saatitu beberapa kali nyaris dijebol salah satunya via Rubio Gomez menit ke-44. Tapi, tembakannya tak tepat sasaran.

Satu-satunya gol timnas sendiri hadir menit ke-50 melalui titik penalti. Hal itu setelah salah satu penyerang Indonesia dijatuhkan di kotak penalti. Raphael Maitimo yang bertugas sebagai eksekutor, sukses menyepak bola ke pojok gawang sebelah kiri kiper Andorra.

- Advertisement -

Pelatih Alfred Riedl mengakui kalau timnas harus susah payah menang lawan Andorra. Ada beberapa hal yang jadi alasan, salah satunya faktor cuaca di Spanyol.

“Pertandingan yang cukup berat bagi Indonesia. Andorra juga memberikan perlawanan yang ketat selama pertandingan berlangsung. Hasil imbang sebenarnya sudah bagus. Tapi, ternyata kita malah menjadi pemenang,” ungkap Alfred Riedl.

Melahirkan Sejumlah Rekor

Kemenangan 1-0 atas Andorra melahirkan sejumlah rekor buat Timnas Indonesia. Ini merupakan kemenangan pertama timnas sejak mengalahkan Kyrgyzstan 4-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 1 November 2013.

Tak cuma itu, timnas juga berhasil meraih kemenangan tandang pertama sejak taklukkan 1-0 Singapura di Piala AFF 2012. Ini juga menjadi kemenangan perdana skuat Garuda di bawah arahan Alfred Riedl sejak mengalahkan 2-1 Malaysia di leg kedua final Piala AFF 2010.

Timnas Indonesia juga pertama kali menang melawan tim asal Eropa. Saat itu, ada banyak nama yang debut bersama timnas senior. Mulai dari Andritany Ardhiyasa, Rizky Pellu, Manahati Lestusen, Bayu Gatra dan Amirul Mukminin.

[better-ads type=’banner’ banner=’156417′ ]

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img