Mengenal NS Mura, Klub Seumur Jagung yang Permalukan Tottenham

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5star.com, Indonesia – Europa Conference League membuat kita mengenal lebih banyak klub di seluruh penjuru Eropa. Salah satunya adalah NS Mura.

Namanya jelas asing. Mereka tak pernah tampil di Liga Champions maupun Liga Europa. Maklum saja, NS Mura berasal dari Slovenia yang punya koefesien kecil di Eropa.

- Advertisement -

Musim ini, untuk pertama kalinya Mura mentas di panggung Eropa. Sebagai juara Liga Slovenia mereka tampil di Europa Conference League.

ns mura
@europacnfleague

Raksasa baru Slovenia tergabung di Grup G yang cukup berat. Di sana terdapat tim-tim familiar seperti Rennes, Tottenham Hotspur, dan Vitesse Arnhem.

- Advertisement -

Jelas mereka kalah bersaing. Terbukti anak asuh Ante Simundza berada di posisi juru kunci. Tapi bukan berarti tak ada kejutan yang diciptakan.

Dinihari tadi Mura kedatangan Tottenham Hotspur yang belum terkalahkan bersama Antonio Conte. Hasilnya pun di luar dugaan.

ns mura
- Advertisement -

Tuan rumah mengawali pesta lewat gol Tomi Horvat. Sempat disamakan oleh Harry Kane, Amadej Marosa muncul sebagai pahlawan.

Gol Marosa pada menit keempat masa injury time memberikan kemenangan perdana Mura di Conference League. Kemenangan heroik ini membuat jutaan pasang mata kaget tak percaya.

NS Mura, Klub Berpenduduk 11 Ribu Jiwa

Sekali lagi, Mura berasal dari Slovenia dan ini tahun pertamanya mentas di Eropa. Fakta lain menyebut mereka bukanlah klub yang punya tradisi kuat di negaranya.

NS Mura merupakan klub yang berasal dari pedesaan Slovenia bernama Sobota. Hanya ada 11 ribu penduduk yang tinggal di sana.

Klub bernama lengkap Nogometna Sola Mura juga masih seumur jagung. Sebagai informasi, mereka baru terbentuk pada 14 Mei 2012. Baru sembilan tahun umurnya.

ns mura
shutterstock

Sejatinya Mura sempat berdiri 2005 silam dengan nama ND Mura 05. Akan tetapi masalah keuangan membuat klub dibubarkan.

Didirikan 2012, NS Mura baru mengikuti kompetisi setahun kemudian. Sebagai klub baru mereka mengawalinya dari divisi empat, atau tingkat paling bawah dalam piramida sepak bola Slovenia.

Kendati masih seumur jagung, Mura tampil memukai. Musim 2017-2018 mereka menjuarai divisi dua dan promosi ke kasta tertinggi.

Puncak dari perjalanan singkat Mura terjadi musim lalu. Untuk pertama kali dalam sejarahnya mereka tampil sebagai kampiun Prva Liga. Itu sekaligus jadi trofi kedua setelah musim sebelumnya memenangkan Piala Slovenia.

NS Mura dan Perjalanannya di Eropa

Klub asal Sobota bukan kali ini saja menjajal Eropa. Akan tetapi laju pasukan Ante Simundza selalu terhenti di babak kualifikasi.

Pengalaman pertama didapat musim 2019-2020. Kala itu klub mengikuti babak kualifikasi pertama Liga Europa melawan Maccabi Haifa.

Usaha pertama berujung dengan kekalahan. Upaya kedua dirasakan musim lalu. Proges Mura cukup terlihat tatkala melewati dua babak kualifikasi.

ns mura
talksport

Akan tetapi mimpin tampil di panggung Eropa dipupuskan raksasa Belanda, PSV Eindhoven. Dan musim ini, berstatus sebagai jawara Slovenia, Zigo Kous dkk berhak mengikuti babak kualifikasi Liga Champions.

Sayang, dewi fortuna masih jauh dari wakil Slovenia. Mereka disingkirkan Ludogorets. Upaya menembus Liga Europa juga dihentikan wakil Austria, Sturm Graz.

Bagaimana pun, NS Mura salah satu tim yang diuntungkan dengan peluncuran Europa Conference League musim ini. Mimpi klub berpenduduk 11 ribu jiwa menginjakkan kaki di Eropa terwujud.

Dan rasa-rasanya, posisi buncit di fase grup dan dipastikan gagal lolos ke fase knockout tak jadi masalah. Karena satu kemenangan melawan klub mentereng semacam Tottenham Hotspur dan memberikan kekalahan pertama untuk pelatih sekaliber Antonio Conte sudah membuat bangga seisi Slovenia.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img