Park Hang-seo Sebut 2 Kunci Sukses Bangun Sepak Bola Vietnam

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5Star.com, Indonesia – Park Hang-seo diakui sebagai sosok kunci dalam kemajuan sepak bola Vietnam. Dalam 5 tahun terakhir, dia mampu membawa timnas Vietnam dua kali juara SEA Games, sekali juara Piala AFF, dan lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Bersama Coach Park, Vietnam seolah meraih kesuksesan instan. Hanya butuh setahun, dia membawa The Golden Star Warriors juara Piala AFF 2018. Tangannya seolah bertuah. Dia seolah mudah saja mengubah wajah sepak bola Vietnam dari biasa-biasa saja menjadi raksasa ASEAN.

- Advertisement -

Lalu, apakah memang sedemikian mudah? Ternyata tidak. Coach Park menegaskan, tidak mudah mengubah sepak bola Vietnam. Ada banyak hal besar dan fundamental yang harus dilakukan pada awal kedatangannya setelah dipercaya Asosiasi Sepak Bola Vietnam (VFF) menangani The Golden Star Warriors.

Park Hang-seo menyebut adaptasi dengan budaya lokal sebagai salah satu kunci suksesnya di Vietnam.
vietnamnet.vn

“Ketika saya tiba, tak ada staf kepelatihan khusus dan terorganisasi. Saya harus mengubah itu, tapi pada saat yang sama coba menggunakan sumber daya yang ada sehingga tak perlu mengeluarkan terlalu banyak uang untuk staf baru,” urai Park Hang-seo seperti dikutip Football5Star.com dari Chosun.

- Advertisement -

Bagaimana caranya? Coach Park menjelaskan, “Saya katakan kepada pelatih yang paham komputer bahwa dia juga akan jadi analis video. Berkat bantuan Hong Myung-bo, CEO KFF, analis datang ke Vietnam dan berbagi pengalaman dalam kursus intensif selama 3 hari 2 malam.”

Park Hang-seo Junjung Budaya Lokal

Park Hang-seo mengakui keberadaan staf kepelatihan dengan tugas-tugas khusus dan terorganisasi adalah salah satu rahasia atau resep kesuksesannya di Vietnam. Selain itu, kata dia, ada resep lain. Itu adalah menjunjung budaya lokal. Sebagai orang baru, dia harus beradaptasi sehingga tak ada jarak.

- Advertisement -

“Saat kali pertama datang, saya tak paham budaya tidur siang di Vietnam. Namun, sekarang saya menyadari jeda makan siang sebentar ternyata efektif. Secara pribadi, saya juga tidur siang. Menyesuaikan diri dengan budaya lokal adalah pilihan yang masuk akal,” urai dia lagi.

Park Hang-seo menanamkan kesadaran soal nutrisi tanpa melarang onsumsi makanan tradisional.
zingnews.vn

Lalu, Coach Park juga bicara soal makanan. “Awalnya, juru masak selalu menyiapkan makanan Korea untuk saya. Sebagai orang yang terjauh dari rumah, itu tentu indah. Namun, saya minta juru masak membiarkan saya memakan makanan Vietnam. Jika para pemain melihat pelatih makan makanan Korea dan mereka menyantap makanan Vietnam, itu akan membangun batas,” ujar dia.

Soal budaya, Coach Park juga membahas soal makanan tradisional khas Vietnam, pho. Makanan itu, kata dia, tidak bagus bagi para pemain yang membutuhkan diet kalori. Namun, itu tak lantas membuat dia melarang para pemain memakannya. Eks asisten Guus Hiddink itu punya cara tersendiri.

“Saya meminta bantuan VFF untuk mendatangkan ahli nutrisi terkemuka untuk berbagi pengetahuan. Ketika menyadari arti penting nutrisi, mereka (para pemain) secara sukarela meminum susu dan menjadi diri, termasuk asupan makanan, dengan baik,” kata Coach Park.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img