Kiper Keturunan Vietnam Raih Penghargaan Internasional

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5Star.com, Indonesia – Kiper keturunan Vietnam di Slowakia, Patrik Le Giang, baru-baru ini mendapatkan penghargaan internasional dari Asosiasi Pesepak Bola Profesional Internasional (FIFPro). Kamis (18/11/2021), dia dinobatkan sebagai peraih penghargaan Player Impact untuk tahun 2021.

Penghargaan Player Impact diberikan FIFPro kepada pesepak bola yang punya kontribusi nyata terhadap masyarakat. Tahun lalu, penghargaan ini diraih Marcus Rashford yang menginisiasi dan menggerakkan program ketersediaan makanan bagi anak-anak di Inggris.

Patrik Le Giang lahir dan besar di Slowakia tapi pernah membela timnas U-22 Vietnam.
sportky.zoznam.sk
- Advertisement -

Untuk tahun ini, Le Giang terpilih karena aktivitas nyata melalui yayasan bernama Step by Step. Tak seperti Rashford yang fokus pada satu hal, kiper kelahiran 1992 itu punya program lebih luas, yaitu mencakup bantuan finansial, kesehatan, dan pendidikan, terutama olahraga. Lebih dari 500 anak-anak telah merasakan bantuannya. Di antaranya di Indonesia.

“Komite merasa senang Patrik memberikan dukungan berkelanjutan dengan membangun yayasan yan menyalurkan uang untuk tujuan-tujuan yang telah dibuatnya. Dia menginspirasi anak-anak untuk melakukan hal-hal positif dalam hidup mereka dan coba membimbing mereka,” urai FIFPro seperti dikutip Football5Star.com dari laman resminya.

Patrik Le Giang Terharu

Penghargaan dari FIFPro untuk kerjanya di luar lapangan tentu saja membuat persaan Patrik Le Giang campur aduk. Selain senang, dia juga terharu dan kaget atas pengakuan dari asosiasi para pesepak bola profesional sedunia itu terhadap aktivitasnya.

“Ketika mereka menghubungi dan mengatakan aku sebagai pemenang, jujur saja aku menangis. Aku merasa begitu terberkati dan bersyukur saat mendapatkan pengakuan. Hingga saat ini pun aku masih belum percaya bahwa ini sesuatu yang nyata,” ucap kiper yang lahir dan besar di Slowakia itu.

Patrik Le Giang terharu menerima penghargaan dari FIFPro.
cas.sk

Pemain berumur 29 tahun yang kini membela Bohemians 1905 itu menambahkan, “Ini adalah tonggak besar bagi Yayasan Step by Step. Namun, datang juga tanggung jawab baru untuk menghormati pengharaan ini dengan memvberikan dampak positif kepada lebih banyak orang lagi.”

Meskipun lahir, besar, dan merintis karier di Slowakia, Patrik Le Giang juga pernah membela tanah leluhurnya. Pada 2009, dia sempat membela timnas U-22 Vietnam setelah dibujuk pelatih Mai Duc Chung. Namun, dia hanya 2 kali tampil bersama tim Golden Star Warriors muda.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img