Pelatih Baru Timnas Malaysia Akhirnya Diumumkan FAM

Football5Star.com, Indonesia – Teka-teki soal pelatih baru timnas Malaysia akhirnya terjawab. Jumat (21/1/2022), Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) memilih Kim Pan-gon sebagai suksesor Tan Cheng Hoe yang mundur selepas kegagalan Harimau Malaya di Piala AFF 2020. Dia dikontrak 2 tahun dengan opsi perpanjangan 2 tahun.

“Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM), hari ini mengumumkan pelantikan Kim Pan-gon dari Korea Selatan sebagai pelatih baru skuat timnas, Harimau Malaya, untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Tan Cheng Hoe,” urai pernyataan resmi FAM seperti dikutip Football5Star.com dari laman resminya

- Advertisement -

Penunjukan Pan-gon tidaklah mengejutkan. Dalam sepekan terakhir, namanya memang dijagokan sebagai sosok pengganti Cheng Hoe. Salah satu sumber FAM kepada Harian Metro beberapa hari lalu bahkan menyebut kans eks pelatih timnas Hong Kong itu sudah 95%.

fam.org.my

Pan-gon sebetulnya tak lagi melatih dalam 4 tahun terakhir. Namun, dia dipandang sebagai sosok penting di Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) sebagai Ketua Komite Timnas yang antara lain bertugas menunjuk pelatih. Selain itu, FAM menilai pelatih berumur 52 tahun itu punya keunggulan tersendiri.

- Advertisement -

Keunggulan itu adalah kemampuan berbahasa Inggris dengan baik. FAM menilai hal ini akan memudahkan Pan-gon berkomunikasi dengan staf kepelatihannya, para pemain, dan media. Di samping itu, dia juga memiliki pengetahuan serta cukup memahami budaya sepak bola di Asia, termauk Asia Tenggara.

Pelatih Baru Timnas Malaysia Bertugas Mulai Februari

Menurut pernyataan resmi FAM, Kim Pan-gon dijadwalkan tiba di Malaysia pada awal Februari. Dia akan membawa empat orang yang akan membantunya sebagai pelatih baru timnas Malaysia. Rinciannya, seorang asisten, seorang pelatih kiper, seorang pelatih fisik, dan seorang analis.

- Advertisement -

Pan-gon pun sudah mengucapkan selamat tinggal serta terima kasih kepada KFA dan akan meninggalkan posnya setelah laga lawan Suriah pada 1 Februari mendatang. Dalam pernyataan resminya, dia mengungkapkan pendekatan yang dilakukan FAM kepada dirinya.

Getty Images

“Setelah Piala AFF pada awal tahun ini, saya menerima tawaran dari FAM untuk menjadi pelatih baru timnas Malaysia. Setelah mempertibangkan banyak hal, kami baru-baru ini berkonsultasi dengan KFA dan menerima permohonan Malaysia,” kata Kim Pan-gon seperti dikutip Football Asian.

Adapun mengenai alasan menerima tawaran jadi pelatih baru timnas Malaysia, dia berujar, “Saya sebetulnya ingin kembali menangani tim K League. Namun, waktunya tak tepat karena beberapa situasi, di antaranya jadwal Kualifikasi Piala Dunia. Saya juga terkesan oleh potensi perkembangan timnas Malaysia dan visi mereka. Atas dasar itu, saya memutuskan pergi ke Malaysia dan menerima tantangan baru.”

Penunjukan Kim Pan-gon kian meramaikan kiprah pelatih Korsel di Asia Tenggara. Sebelumnya, ada Park Hang-seo yang menangani timnas Vietnam sejak 2017. Lalu, Shin Tae-yong yang menangani timnas Indonesia dari awal 2020. Kedua pelatih itu dianggap sukses membangkitkan tim masing-masing.

- Advertisement -