Pelatih Baru Timnas Vietnam Harus Dikontrak Setidaknya 4 Tahun

BACA JUGA

Football5Star.com, Indonesia – Kurang dari sepekan lagi, timnas Vietnam akan resmi tanpa pelatih. Pada 31 Januari 2023, kontrak Park Hang-seo berakhir. Sementara itu, Asosiasi Sepak Bola Vietnam (VFF) belum juga mengumumkan sosok pelatih baru timnas Vietnam.

Mengenai pengganti Park Hang-seo, sebuah masukan datang dari Henrique Calisto. Pelatih asal Portugal yang juga sempat menangani The Golden Star Warriors itu meminta VFF untuk menyiapkan kontrak jangka menengah. Dalam pandangannya, salah besar bila VFF hanya menyiapkan kontrak 1-2 tahun.

Henrique Calisto mengantar timnas Vietnam juara Piala AFF 2008.
zingnews.vn
- Advertisement -

“Masa lalu adalah masa lalu. Anda harus melihat mas depan dengan sebuah proyek. Proyek jangka menangah. Saya tak yakin pelatih datang ke sebuah timnas hanya untuk bekerja selama 1 tahun. Minimum 4 tahun untuk melakukan sesuatu yang bagus,” kata Henrique Calisto seperti dikutip Football5Star.com dari Zing.

Calisto lalu mengungkapkan pengalamannya. “Saya bekerja 10 tahun di Vietnam. Saya tahu persis. Saya datang ke laga-laga V.League, berbicara dengan para pemain dan kadang menghabiskan waktu bersama mereka,” ucap pelatih yang membawa timnas Vietnam juara Piala AFF 2008 tersebut.

VFF diminta Henrique Calisto menyiapkan kontrak 4 tahun untuk pelatih baru timnas Vietnam.
zingnews.vn

Kriteria Pelatih Baru Timnas Vietnam

- Advertisement -

Bagi Henrique Calisto, sepeninggal Park Hang-seo nanti, publik sepak bola Vietnam harus punya kesabaran. Mereka harus sabar menanti hasil polesan pelatih baru timnas Vietnam. Mereka harus menyadari, seorang pelatih datang bukan hanya untuk masa kini, melainkan juga untuk masa depan.

Menurut Calisto, secara ideal, VFF harus mencari pelatih seperti itu. “Pelatih timnas harus dikontrak 4 tahun dan harus benar-benar matang. Bukan pelatih yaang hanya untuk menang, melainkan juga untuk masa depan. Ini sangat penting. Menang dan mempersiapkan masa depan,” ujar dia lagi.

Philippe Troussier dirumorkan akan jadi pelatih baru timnas Vietnam.
nld.com.vn
- Advertisement -

Lebih lanjut, Calisto mengungkapkan, “Bukan hanya menang karena bisa jadi Anda menang sekarang, tapi besoknya kalah, kalah, dan kalah. Masa depan harus dimulai hari ini. Pelatih baru nanti haruslah orang dengan proyek, bukan hanya untuk timnas, melainkan juga untuk membantu mengembangkan sepak bola Vietnam.”

Henrique Calisto menegaskan, pelatih baru timnas Vietnam nanti harus juga memikirkan kualitas liga, tim junior, fasilitas, hingga kursus untuk pelatih-pelatih lokal. Penerus Park Hang-seo, kata dia, harus mampu memberikan pelajaran-pelajaran baru kepada para pelatih yang ada di Vietnam.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img