Timnas Indonesia Cuma Menang 4-2, Shin Tae-yong Salahkan Cuaca

BACA JUGA

Banner Baru Gamespool

Football5star.com Indonesia – Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tak terlalu puas dengan kemenangan 4-2 atas Kamboja pada laga grup B Piala AFF 2020, Kamis (9/12/2021). Menurut dia, perubahan cuaca membuat kondisi anak asuhnya agak menurun.

- Advertisement -

Sebelum gelaran Piala AFF 2020, Indonesia memang menjalani pemusatan latihan di Turki dengan udara sejuk dan cenderung dingin. Ketika di Singapura, Evan Dimas Darmono dan kawan-kawan harus menghadapi cuaca lebih panas.

Timnas Indonesia vs Timnas Kamboja Piala AFF 2020 - Affsuzukicup
Affsuzukicup.com

Adasptasi perubahan cuaca itu dinilai memengaruhi kondisi para pemain Indonesia. Termasuk fisik dan stamina yang dinilai masih mudah menurun, terutama pada babak kedua.

- Advertisement -

“Kami melakukan pemusatan latihan di tempat sejuk (Turki), tetapi ke Singapura jadi panas. Itu membuat kondisi pemain menjadi turun, jadi ada bagian yang harus saya perbaiki ke depannya,” bilang pelatih yang akrab disebut Coach STY itu seperti dikutip Football5star dari laman PSSI.

Shin Tae-yong Sebut Timnas Indonesia Terlalu Jemawa

Timnas Indonesia vs Timnas Kamboja Piala AFF 2020 - Affsuzukicup (2)
Affsuzukicup.com

Pada pertandingan di Stadion Bishan tersebut, timnas Indonesia memang mampu unggul tiga gol lebih dahulu pada babak pertama. Dua gol dicetak oleh Rahmat Irianto pada menit ke-4 dan ke-33, sedangkan satu lagi dilesakkan Evan Dimas menit ke-17.

- Advertisement -

Sebelum akhir babak pertama, Kamboja bisa mencetak satu gol melalui Yue Safe pada menit ke-37. Lalu pada babak kedua, Indonesia sempat menjauh lagi melalui pemain pengganti, Ramai Rumangkiek, menit ke-54.

Akan tetapi, Kamboja bisa bangkit dan balik menekan hingga mencetak satu gol tambahan melalui Prak Mony Udom pada menit ke-60. Setelahnya, praktis Kamboja bisa balik menekan Indonesia dan menebar ancaman.

Timnas Indonesia vs Timnas Kamboja Piala AFF 2020 - Affsuzukicup (1)
Affsuzukicup.com

Selain menurunnya fisik dan stamina, Shin Tae-yong juga menyesali sikap jemawa anak asuhnya. Para peman dinilai terlalu puas ketika sudah unggul 3-0 dan mulai menganggap remeh lawan.

“”Karena kami sempat unggul dengan skor jauh pada babak pertama, sehingga para pemain menganggap lawan adalah tim yang mudah,” kata pria asal Korea Selatan tersebut menambahkan.

Setelah mengalahkan Kamboja, timnas Indonesia akan menghadapi Laos pada Minggu (12/12/2021). Lalu berikutnya akan ada dua laga berat menanti, yakni bersua Vietnam (15/12) dan Malaysia (19/12).

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img