Pemain Vietnam Ditanya Soal Kimia Saat di Piala AFF U-16

BACA JUGA

Football5Star.com, Indonesia – Gelaran Piala AFF U-16 2022 memang sudah berlalu. Sang tuan rumah, timnas U-16 Indonesia, tampil sebagai juara dengan mengalahkan timnas U-16 Vietnam. Namun sepenggal kisah masih tersisa mengenai para pemain Vietnam selama berada di Yogyakarta.

Datang untuk berkompetisi dengan tim-tim dari wilayah Asia Tenggara, Nguyen Cong Phuong ternyata tak semata-mata digembleng soal teknik dan taktik sepak bola. Oleh pelatih Nguyen Quoc Tuan, mereka juga digembleng pelajaran soal hidup dan pengetahuan umum.

- Advertisement -

Jelang laga lawan Filipina di fase grup, Quoc Tuan secara mengejutkan memberi para pemainnya soal-soal yang sama sekali tak ada kaitannya dengan sepak bola. Dia memberikan soal persamaan kuadrat, tabel periodik Mendeleev, hingga sejarah Vietnam. Tentu saja Cong Puong dkk. dibuat terheran-heran.

Nguyen Quoc Tuan sempat memberikan soal kimia hingga sejarah kepada para pemain timnas U-16 Vietnam.
vff.org.vn

“Bukan hanya mengikuti sepak bola, kita juga harus memperhatikan berbagai hal yang ada di sekitar kita. Setiap hari, anak harus membaca buku, belajar banyak hal untuk mengembangkan pemikiran mereka,” urai Nguyen Quoc Tuan seperti dikutip Football5Star.com dari Bong Da Plus.

- Advertisement -

Dia menambahkan, “Saya berkeyakinan pemikiran yang baik akan mengarah pada sepak bola yang baik. Jika kita tak belajar atau membaca buku, sulit untuk membuat pemikiran berkembang. Sepak bola adalah profesi yang membutuhkan investasi dan pembelajaran terus-menerus.”

Pemain Vietnam Diminta ke Piala Dunia

Nguyen Quoc Tuan lantas mencontohkan dirinya sendiri kepada para pemain Vietnam. Dia mengatakan, meskipun sudah berumur lebih dari 50 tahun, dia selalu terus belajar setiap hari dan mengasah pengetahuan sepak bola modern bersama para pemain.

- Advertisement -

Bagi Quoc Tuan, sangat penting memberikan kesadaran kepada para pemain untuk memahami filosofi kehidupan. Dia mengingatkan, karier pesepak bola tidaklah panjang. Jadi, mereka harus bersungguh-sungguh dengan tetap mengasah kemampuan dan pendidikan formal untuk masa depan.

Para pemain Vietnam dididik juga soal filosofi hidup oleh pelatih Nguyen Quoc Tuan.
vff.org.vn

“Mereka harus melihat pada kehidupan dan serius memikirkan masa depan mereka. Fokus berlatih, berlatih dengan disiplin, dan dari sejak sekarang harus lebih dewasa,” ujar pelatih yang sempat menimba ilmu di Jerman selama sebulan sebelum memimpin timnas U-16 Vietnam di Piala AFF U-16 itu.

Menyangkut sepak bola, Quoc Tuan merangsang para pemain Vietnam untuk punya ambisi lolos ke Piala Dunia 2026. Dia meminta mereka berani bermimpi besar karena kesempatan akan lebih terbuka seiring pertambahan jumlah jatah wakil Asia dari 4+1 menjadi 8+1.

“Pada 2026, jumlah peserta Piala Dunia bertambah. Di Asia, kita punya jatah 8 dan 1/2 untuk berpartisipasi. Mari bermimpi, mari berambisi sehingga 4 tahun dari sekarang, kita bisa memakai jersi timnas dan bermain di gelanggang Piala Dunia,” kata Quoc Tuan lagi.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img