Penantian Hampir 4 Dekade Austria Demi Tembus Fase Gugur

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5star.com, Indonesia – Austria berhasil melangkah ke 16 besar Euro 2020. Kepastian ini didapat usai mereka mengalahkan Ukraina dengan skor 1-0, Senin (21/6/2021).

Lolos ke 16 besar Euro 2020 merupakan sejarah untuk Austria. Ini pertama kalinya dalam sejarah mereka menembus babak knockout Euro.

- Advertisement -

Rekor David Alaba dkk bukan cuma itu. Untuk pertama kalinya pula mereka kembali ke fase gugur turnamen resmi setelah 39 tahun silam.

Ya, hampir empat dekade waktu yang dibutuhkan anak asuh Franco Foda untuk mengulang prestasi masa lalu. Sebagai informasi, tetangga Jerman terakhir kali tembus fase gugur pada Piala Dunia 1982 silam.

- Advertisement -

Ketika itu Austria berhasil melaju ke putaran kedua Piala Dunia 1982 setelah menempati runner up Grup 2. Laju mereka kemudian dihentikan Prancis pada putaran kedua

Dan sejak saat itu mereka tak pernah menembus fase gugur dalam sebuah turnamen besar. Jangankan lolos dari fase grup, untuk ikut serta di Piala Dunia dan Piala Eropa saja kesulitan.

- Advertisement -

Secara total Austria delapan kali tampil di Piala Dunia. Namun, mereka terakhir kali ikut serta pada 1998 silam.

Nasib di Piala Eropa lebih parah lagi karena baru tiga kali mereka ambil bagian. Yang pertama dirasakan pada 2008 silam saat terpilih sebagai tuan rumah bersama Swiss.

Absen pada 2012, David Alaba dkk kembali pada Euro 2016 di Prancis. Tapi di dua edisi tersebut laju Austria selalu terhent di fase grup. Baru di Euro 2020 mereka menembus 16 besar.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img