Penyebab Timnas Italia dan Inggris Absen di Olimpiade Tokyo

Football5star.com, Indonesia – Italia dan Inggris baru saja menggebrak Eropa setelah berduel di final Euro 2020. Pada akhirnya Gli Azzurri juara lewat adu penalti.

- Advertisement -

Sayang, keperksaan Italia dan Inggris tidak berlanjut di Olimpiade Tokyo kali ini. Padahal kedua negara punya pemain jempolan.

Memang di Olimpiade setiap timnas hanya mengirim tim mudanya. Walau demikian Gli Azzurri dan The Three Lions memiliki banyak pemain muda. Bahkan beberapa di antaranya masuk skuat senior di Euro 2020.

bbc.com

Terkait absennya Italia dan Inggris, hal tersebut dikarenakan mereka gagal di ajang sebelumnya. Untuk diketahui, syarat sebuah negara Eropa menembus Olimpiade setidaknya harus menembus semifinal Euro U-21.

Gli Azzurri gagal mencapai semifinal Euro U-21 2019 lalu. Padahal komposisi pemain anak asuh Luigi Di Biagio sejatinya cukup mumpuni.

Penggawa di Euro 2020 seperti Alessandro Bastoni, Nicolo Barella, Manuel Locatelli, hingga Federico Chiesa masih jadi bagian tim U-21. Belum lagi dengan bintang lain seperti Alex Meret, Gianluca Mancini, Sandro Tonali, hingga Moise Kean.

Akan tetapi laju mereka hanya sampai fase grup. Italia kalah bersaing dengan Spanyol yang berada di puncak klasemen Grup A.

Secara performa pasukan Luigi Di Biagio juga tidak mengecewakan. Spanyol dan belgia berhasil dikalahkan. Namun, Polandia jadi batu sandungan lewat kekalahan 0-1.

Dengan setiap grup yang hanya mengirim satu wakil, Italia harus menyerahkan satu tempat pada Spanyol yang punya poin sama tapi unggul selisih gol.

Begitu pula dengan Inggris U-21. Nasib mereka justru lebih buruk karena menempati peringkat ketiga di Grup C Euro U-21 2019.

Inggris yang pada Olimpiade tergabung dengan Britania Raya gagal meraih kemenangan di Euro U-21 2019. Padahal skuat Aidy Boothroyd dihuni bintang top semisal Mason Mount, Phil Foden, Tammy Abraham, James Maddison, Fikayo Tomori, hingga Dean Henderson.

Belum lagi ditambah pemain lain dari Skotlandia, Wales hingga Irlandia Utara. Ada nama Kieran Tierney, Billy Gilmour, maupun Daniel James.

- Advertisement -