Pertama Kalinya Top Skorer Liga Belanda Berasal dari Iran

BACA JUGA

Football Live Star

Football5Star.com, Indonesia – Iran boleh berbangga karena salah satu bintangnya, Alireza Jahanbakhsh, baru saja dinobatkan sebagai top skorer Eredivisie. Pemain AZ Alkmaar itu kini tercatat sebagai pemain Benua Asia pertama menjadi pencetak gol terbanyak di Liga Belanda

Kepastian Jahanbakhsh menjadi top skorer tak lepas dari hat-trick yang ia ciptakan di pekan terakhir Eredivisie melawan PEC Zwolle. Tambahan tiga gol tersebut membuatnya kini mengoleksi 21 gol.

Selain menjadi top skorer asal Iran pertama di Liga Belanda, striker 24 tahun itu juga melampaui rekor rekan senegaranya, Reza Ghoochannejhad, yang mengemas 20 gol untuk Heerenveen musim lalu.

Jahanbakhsh unggul dua gol dari striker ADO den Haag, Bjorn Johnsen, yang berada di urutan kedua, serta tiga gol dari penggawa Timnas Belanda, Steven Berghuis, yang memperkuat Feyenoord.

Selain itu, berkat gelontoran golnya pula, Alkmaar berhasil mengamankan posisi ketiga klasemen dan berhak berlaga di Liga Europa musim depan. Di sisi lain, ia adalah pemain ketiga Alkmaar yang menjadi top skorer liga setelah Mounir El Hamdoui (23 gol) dan Vincent Janssen (27 gol).

Menariknya, pemain yang didatangkan dari NEC Nijmegen pada 20014-2015 lalu itu bukanlah seorang striker. Ia sejatinya berposisi sebagai gelandang serang. Namun, pelatih Alkmaar, John van den Brom, melihat bahwa sang pemain punya kelebihan lebih jika dijadikan penyerang murni.

Performa Jahanbakhsh akan kembali diuji pada ajang Piala Dunia 2018 bersama Iran. Namanya pun sudah digaransi Carlos Queiroz sebagai pilihan utama di lini depan.

- Advertisement -

You Might also like

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru