Pesepak Bola Indonesia Harus Belajar dari Insiden Christian Eriksen

BACA JUGA

Banner Gamespool

Footbball5Star.com, Indonesia – Insiden Christian Eriksen yang kolaps saat membela Timnas Denmark di EURO 2020 harus menjadi pelajaran berharga bagi pesepak bola Indonesia. Bukan cuma soal penyakitnya, tapi pemain Indonesia harus bisa mencontoh rekan-rekan setim Eriksen yang cepat membantu.

Seperti diketahui, Eriksen memang sempat jadi perbincangan karena jatuh tak sadarkan diri saat membela Denmark menghadapi Finlandia, Sabtu, 12 Juni lalu. Dengan cepat, rekan-rekan setimnya di Denmark langsung memberikan pertolongan pertama. Dokter tim Timnas Denmark, Morten Boesen mengkonfirmasi bahwa Eriksen mengalami serangan jantung.

- Advertisement -

Kapten Denmark, Simon Kjaer, saat itu dengan cepat memberikan pertolongan pertama buat Christian Eriksen. Selain itu, rekan-rekan lainnya juga membentuk barikade agar kondisi Eriksen tak disorot. Berkat kolaborasi bantuan yang sigap dari rekan-rekannya dan tim medis tersebutlah, Eriksen dapat dibawa dalam kondisi sadar.

Agen Christian Eriksen Sudah Bangun dan Bisa Berbicara Pesepak Bola Indonesia Harus Belajar dari Insiden Christian Eriksen

Nah, hal itulah yang harus jadi pelajaran bagi para pesepak bola Indonesia. Pemain Indonesia harus sangat sigap dan mengerti bagaimana memberi pertolongan pertama ketika ada rekannya yang bernasib seperti Christian Eriksen. Sebab, serangan jantung mendadak memang bisa menimpa siapa saja.

- Advertisement -

“Ini satu pelajaran bagi seluruh pesepak bola dunia termasuk pesepak bola Indonesia. Kejadian yang menimpa Christian Eriksen menjadi pembelajaran bahwa kesadaran pemain terhadap pertolongan pertama apabila ada rekan yang mengalami cedera di tengah lapangan,” kata Presiden Executive Comittee (Exco) APPI, Firman Utina.

APPI sendiri mengimbau dan mengingatkan betapa pentingnya pemahaman semua pihak soal pertolongan pertama berupa CPR (Cardiopulmonary resuscitation). CPR merupakan teknik penyelamatan nyawa dalam keadaan darurat, termasuk serangan jantung atau saat tenggelam. CPR membantu menjaga darah yang mengandung oksigen tetap mengalir ke otak dan organ vital lainnya sampai korban mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

- Advertisement -

“Kejadian Eriksen tidak bisa diprediksi, beruntung ada kapten yang memahami cara memberikan pertolongan pertama. Maka saran saya, seluruh stakeholder saling berkolaborasi untuk memberikan edukasi kepada pemain dan bekerja sama dengan dokter untuk cara memberikan pertolongan pertama terhadap cedera yang terjadi di lapangan saat pertandingan berlangsung,” sahut Wapres Exco APPI, Andritany Ardhiyasa.

[better-ads type=’banner’ banner=’156417′ ]

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img