Peta Persaingan Grup F EURO 2020: Siapa Tumbal Grup Neraka?

BACA JUGA

Banner Gamespol Baru

Football5Star.com, Indonesia – Dari semua enam grup yang ada di Euro 2020, sudah tak diragukan lagi, Grup F disebut sebagai “grup neraka”. Bagaimana tidak, tiga pemenang dari lima kompetisi internasional sebelumnya ada di grup ini.

Juara Piala Dunia 2014 dan Piala Konfederasi 2017, Jerman. Juara Euro 2016 dan Nations League 2019, Portugal. Dan juara Piala Dunia 2018, Prancis. Hungaria yang terlihat akan menjadi bulan-bulanan di grup ini.

- Advertisement -

Melihat peta persaingan, sulit untuk menentukan siapa yang akan menjadi juara grup. Tapi, tampaknya momen Kosta Rika di Piala Dunia 2014 tak akan terulang. Hungaria dipastikan akan gugur dari grup ini.

Pada babak kualifikasi, Hungaria berada di Grup E yang mana di atas kertas itu adalah salah satu grup terlemah di kualifikasi dimana hanya Kroasia yang merupakan tim tersulit. Sisanya Hungaria berhadapan dengan Wales, Slovakia, dan Azerbaijan, yang mana ketiganya seharusnya bisa mereka kalahkan. Tapi mereka hanya bisa finis di posisi keempat.

- Advertisement -

Mereka bisa lolos ke grup lewat play-off UEFA Nations League Path A. Pasukan Marco Rossi berhasil mengalahkan Bulgaria 3-1 dengan mudah di semifinal. Pada babak final melawan Islandia, mereka butuh kemenangan dramatis 2-1 lewat dua gol Loic Nego dan Dominik Szobozlai di penghujung laga.

Tiga Raksasa

Tentu saja sorotan tidak akan ke Hungaria, tapi ke Prancis, Portugal dan Jerman. Mereka akan memperebutkan dua tiket otomatis untuk lolos ke babak 16 besar. Kami memprediksikan bahwa Prancis dan Portugal akan lolos dengan poin sama. Jerman berada di posisi ketiga.

- Advertisement -

Alasannya karena peningkatan skuat, performa para pemainnya di klub, dan performa tim akhir-akhir ini terutama selama 2020-2021 pasca sepak bola diberhentikan karena pandemi Covid-19.

Prancis hanya kalah satu kali sepanjang 2020-2021 itu pun di laga uji coba melawan Finlandia. Pada babak kualifikasi mereka lolos dengan nyaman sebagai juara grup H.

Secara skuat, Les Blues meningkat, terutama dengan kembalinya Karim Benzema dan performa pemain seperti Kylian Mbappe, N’Golo Kante, Paul Pogba dan lainnya juga masih stabil di klubnya masing-masing.

Sedangkan Portugal, walaupun mereka hanya bisa finis runner-up di babak kualifikasi Grup B, Pasukan Fernando Santos hanya kalah satu kali sepanjang 2020-2021. Secara skuat, kini mereka punya Ruben Dias di pertahanan. Pepe dan Jose Fonte juga masih bisa diandalkan apalagi Fonte yang bermain luar biasa bersama Lille.

Lalu di lini serang bukan hanya Cristiano Ronaldo yang bisa diandalkan untuk mencetak gol. Diogo Jota dan Andre Silva yang bermain apik bersama klubnya masing-masing juga bisa diandalkan.

Dan Jerman, mereka lolos sebagai juara Grup C di babak kualifikasi, tapi sepanjang 2020-2021, sangat terlihat mereka benar-benar kesulitan. Die Mannschaft kalah telak 6-0 melawan Spanyol di laga terakhir Nations League. Mereka tak bisa mengalahkan Swiss dalam dua pertemuan. Dan pada laga terakhir di jeda internasional Maret lalu, mereka takluk 2-1 dari Makedonia Utara.

Dari segi skuat, lini serang yang paling mengkhawatirkan. Timo Werner, Kai Havertz kesulitan untuk mencetak gol, Marco Reus harus absen dan pemanggilan Kevin Volland patut dipertanyakan. Positifnya, Thomas Mueller dan Mats Hummels kembali ke skuat.

PREDIKSI AKHIR
PosisiTimMenangSeriKalahNilai
1Prancis2107
2Portugal2107
3Jerman1023
4Hungaria0030
PROFIL PESERTA

PRANCIS

Peta Persaingan Grup F EURO 2020 Siapa yang Bisa Lolos dari Grup Neraka - Timnas Prancis
SBOTOP

Finis runner-up pada edisi sebelumnya, timnas Prancis tentu saja mengincar juara. Pelatih Didier Deschamps ingin mengulang kejayaan Prancis pada Euro 2000 saat dia menjadi kapten tim, dimana saat itu Les Bleus mampu meraih juara setelah mereka juara Piala Dunia.

“Kami perlu memasukkan bensin ke mesin. Semua pemain tidak memiliki tingkat kebugaran yang sama dan tugas kami adalah membuat mereka semua dalam kondisi terbaik (untuk menang),” ucap Didier Deschamps seperti dikutip Eurosport.

Data & Fakta

Nama Asosiasi: Federations Francaise de Football (FFF)
Julukan Timnas: Les Bleus
Pelatih: Didier Deschamps
Kapten: Hugo Lloris
Pemain Kunci: Kylian Mbappe, Karim Benzema, Antoine Griezmann, N’Golo Kante, Paul Pogba, Raphael Varane.
Prestasi Terbaik di EURO: Juara (1984, 2000)
Hasil Kualifikasi EURO 2020: Juara Grup H (8 menang, 1 seri, 1 kalah)


PORTUGAL

Peta Persaingan Grup F EURO 2020 Siapa yang Bisa Lolos dari Grup Neraka - Timnas Portugal
VBetNews

Berstatus juara bertahan, Portugal tentu menargetkan untuk mempertahankan gelar mereka. Dengan skuat yang diklaim lebih baik daripada Euro 2016, pasukan Fernando Santos optimistis bisa mempertahankan gelar mereka.

“Saya memiliki kepercayaan besar pada para pemain dan saya memiliki keyakinan Portugal adalah kandidat juara Euro 2020,” kata Fernando Santos seperti dikutip Sportskeeda.

Data & Fakta

Nama Asosiasi: Federacao Portuguesa de Futebol (FPF)
Julukan Timnas: Selecao das Quinas
Pelatih: Fernando Santos
Kapten: Cristiano Ronaldo
Pemain Kunci: Cristiano Ronaldo, Diogo Jota, Bruno Fernandes, Bernardo Silva, Ruben Dias.
Prestasi Terbaik di EURO: Juara (2016)
Hasil Kualifikasi EURO 2020: Runner-up Grup B (5 menang, 2 seri, 1 kalah)


JERMAN

Peta Persaingan Grup F EURO 2020 Siapa yang Bisa Lolos dari Grup Neraka - TImnas Jerman
Bavarian Football Works

Kegagalan di Piala Dunia 2018 membuat timnas Jerman bertekad untuk menjadi juara Euro 2020. Apalagi mereka tak pernah memenangkan kompetisi ini sejak 1996. Para pemain juga ingin mempersembahkan sebuah trofi untuk sang pelatih, Joachim Loew yang akan meninggalkan tim pasca kompetisi ini.

“Tentu saja kami ingin bisa meraih kesuksesan di Euro 2020. Kami tak ingin kegagalan di Piala Dunia 2018 kembali terulang,” ucap direktur timnas Jerman, Olivier Bierhoff, seperti dikutip laman DFB.

Data & Fakta

Nama Asosiasi: Deutscher Fussball-Bund (DFB)
Julukan Timnas: Die Mannschaft
Pelatih: Joachim Loew
Kapten: Manuel Neuer
Pemain Kunci: Manuel Neuer, Mats Hummels, Joshua Kimmich, Toni Kroos, Thomas Mueller, Timo Werner.
Prestasi Terbaik di EURO: Juara (1972, 1980, 1996)
Hasil Kualifikasi EURO 2020: Juara Grup C (7 menang, 0 seri, 1 kalah)


HUNGARIA

Peta Persaingan Grup F EURO 2020 Siapa yang Bisa Lolos dari Grup Neraka - Timnas Hungaria
The Budapest Times

Untuk Hungaria, lolos dari grup neraka ini sudah menjadi pencapaian luar biasa mereka. Pada Euro 2016 Hungaria berhasil lolos ke babak 16 besar dan mereka berharap kini bisa mengulanginya kembali. Pemain bintang mereka, Dominik Szobozlai tidak di bawa karena cedera.

“Melihat lawan kami, saya bisa katakan lagi di atas kertas, terlihat hampir mustahil bagi kami di Euro untuk mendapatkan poin. Tetapi, sepak bola telah menunjukkan berkali-kali bahwa tak ada yang diputuskan di sini,” ucap pelatih Hungaria, Marco Rossi seperti dikutip akun Twitter MLSZ.

Data & Fakta

Nama Asosiasi: Magyar Labdarugo Szovetseg (MLSZ)
Julukan Timnas: Magyars
Pelatih: Marco Rossi
Kapten: Adam Szalai
Pemain Kunci: Wili Orban, Peter Gulacsi.
Prestasi Terbaik di EURO: Juara ketiga (1964)
Hasil Kualifikasi EURO 2020: Peringkat ke-4 Grup E (4 menang, 0 seri, 4 kalah). Lolos via Play-off Path A (kalahkan Bulgaria, dan Islandia).

[better-ads type=’banner’ banner=’156437′ ]

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img