Piala AFF 2022: Menanti Pertarungan 3 Pelatih Korsel

BACA JUGA

Football5Star.com, Indonesia – Piala AFF 2022 boleh dibilang sangat dinantikan bukan cuma persaingan antartimnya saja, tapi jua pertarungan sesama pelatih Korea Selatan. Ada 3 pelatih Negeri Gingseng yang akan berusaha mempersembahkan gelar pada gelaran kali ini.

Kesuksesan Park Hang-seo bersama Vietnam memang menjadi pemicu negara-negara Asia Tenggara lainnya melirik pelatih Korsel. Beberapa tahun berselang, PSSI secara resmi menunjuk Shin Tae-yong sebagai nakhoda anyar timnas Indonesia, 2019 lalu.

- Advertisement -

Ternyata, Park dan Shin bukan pelatih Korsel terakhir yang mencoba peruntungannya di Asia Tenggara. Malaysia pun tahun lalu secara resmi mengumumkan penunjukkan Kim Pan-gon.

Piala AFF 2022 sendiri mungkin menjadi momen penuntasan bagi pelatih Shin Tae-yong. Shin sendiri perlahan tapi pasti sukses membangun ulang skuat timnas Indonesia. Pada edisi 2020, Shin membuktikan tangan dinginnya ketika membawa Indonesia dengan skuat mudanya melaju hingga partai final.

Piala AFF 2022: Menanti Pertarungan 3 Pelatih Korsel
PSSI
- Advertisement -

Pada perjalanan 2020, Indonesia sendiri sukses keluar dari grup yang tergolong berat, diisi oleh Vietnam dan Malaysia di antaranya. Namun dengan tangan dinginnya, Shin sukses bikin Indonesia lolos sebagai juara grup, menundukkan Singapura di semifinal, meski kalah dari Thailand pada laga puncak.

Kerja Shin pun kembali terbukti saat membawa dua timnas sekaligus ke Piala Asia. Timnas U-20 Indonesia dibawanya ke putaran final Piala Asia tahun depan. Beberapa bulan setelahnya, dia sukses bawa timnas senior lolos dengan lolos dari grup yang diisi Jordinia, Kuwait, dan Nepal. Nah perjuangan dia dirasa akan klimaks andai mempersembahkan trofi Piala AFF pertama buat timnas Indonesia.

2 Pelatih Korsel Langsung Bersua di Grup Piala AFF 2022

- Advertisement -

Nah yang menarik dalam gelaran kali ini ialah, dua pelatih Korsel di antaranya akan langsung bersua di babak grup, yakni Park Hang-seo dan Kim Pan-gon. Selama 5 tahun pengabdiannya, Park sendiri telah membawa banyak kesuksesan luar biasa bagi Vietnam.

Piala AFF 2022: Menanti Pertarungan 3 Pelatih Korsel
thanhnien.vn

Dia berhasil membawa Golden Warriors menjuarai Piala AFF 2018, melaju ke perempat final Piala Asia 2019, masuk 100 besar peringkat FIFA dan terutama membantu Vietnam melaju ke babak kualifikasi ketiga Piala Dunia 2022.

Namun, Piala AFF 2022 akan menjadi turnamen terakhir bagi Park bersama Vietnam. Park tidak memperpanjang kontraknya dengan Asosiasi Sepak Bola Vietnam (VFF) setelah kontraknya akan berakhir pada 31 Januari 2023.

Nantinya di Grup B, Park langsung akan berhadapan dengan pendatang baru, Kim Pan-gon. Pelatih satu ini lebih sering berada di Hong Kong karena bekerja sejak 2012 hingga 2017. Pada 2018, dia berperan sebagai direktur teknis Korea.

Sebagai pelatih kepala di timnas Malaysia, tangan dingin Pan-gon pun mulai terbukti. Dia membantu tim lolos ke Piala Asia 2023, sejak terakhir kali pada 2017.

Piala AFF 2022: Menanti Pertarungan 3 Pelatih Korsel
Facebook FA Malaysia Official

Edisi kali ini akan menjadi turnamen besar pertama baginya. Jelas dia harus membuktikan tangan dinginnya untuk seluruh Asia Tenggara, serta membantu timnas Malaysia menjadi juara.

Pertemuan Pan-gon melawan Park sendiri akan terselenggara pada 27 Desember mendatang. Malaysia akan melawat ke markas Vietnam, Mỹ Đình National Stadium, Hanoi.

So, siapa pelatih Korsel yang akan berjaya pada gelaran kali ini?

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img